Ingin Memasarkan Produk? Jangan Lupa 5 Hal ini

Jika Anda berencana membuka sebuah bisnis, sekecil apapun itu, langkah penting yang pertama adalah mengembangkan rencana bisnis itu.

Langkah berikutnya, mengembangkan rencana pemasaran. Semua rencana bisnis harus dipasangkan dengan strategi pemasaran produk atau jasa yang ingin Anda jual.

Strategi pemasaran bermacam-macam bentuknya, tetapi semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menarik dan membangun hubungan dengan pelanggan.

Gaya boleh sesuai dengan selera masing-masing, tetapi semua pada dasarnya harus menyertakan elemen-elemen sebagai berikut:

1. Tujuan Pemasaran

Anda perlu mengembangkan tujuan pemasaran yang realistis dan terukur, mencakup satu tahun kalender, dan menyelaraskannya dengan rencana bisnis Anda secara keseluruhan.

Sasaran umum dalam strategi pemasaran mencakup target peningkatan produk yang terjual serta pertumbuhan pelanggan.

Strategi Anda akan membantu Anda mencapai tujuan Anda. Saat Anda mengembangkannya, Anda harus mempertimbangkan jenis produk atau layanan yang Anda jual, bagaimana dan di mana Anda menjualnya, dan tingkat kesadaran konsumen terhadap bisnis Anda.

2. Tentukan Target Audiens

Tentukan sejelas-jelasnya karakteristik pelanggan potensial Anda, termasuk kebiasaan mereka menonton di berbagai media.

Misalnya, sejumlah restoran menargetkan pelanggan dengan pendapatan rata-rata lebih dari Rp 1 miliar per tahun. Sementara, ada juga yang fokusnya pada penyediaan makanan yang terjangkau bagi orang-orang dengan pendapatan di bawah itu.

Luangkan waktu untuk menentukan audiens dan pelanggan untuk produk atau jasa Anda. Tentukan juga karakteristik demografis mereka yang unik, seperti rentang usia, status pernikahan, jenis kelamin, ras, tingkat pendapatan, atau pendidikan. Ini akan membantu Anda menyusun rencana dan membedakan diri dari kompetitor.

3. Melakukan Riset Taktik Pemasaran

Ada banyak taktik pemasaran yang tersedia saat ini dibanding dulu. Tentu, kalau menggunakan semua cara bisa membuat Anda kewalahan.

Luangkan waktu untuk melakukan riset atau meneliti semua sarana pemasaran, dari mulai yang tradisional seperti papan reklame, iklan televisi, radio, surat kabar, dan majalah hingga yang digital seperti iklan Google, media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain.

Pemahaman yang mendalam tentang taktik pemasaran ini akan membuat Anda lebih mantap dalam memilih mana yang terbaik untuk bisnis Anda.

4. Rencanakan Taktik Pemasaran

Setelah menyelesaikan penelitian, pilihlah taktik dan saluran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan dan menjangkau target audiens Anda. Ini bisa saja ditentukan oleh kebiasaan pelanggan, tapi tetap harus sejalan dengan strategi penjualan Anda.

Pastikan juga untuk memantau kompetitor, dan tetap mengikuti taktik serta saluran baru yang digunakan oleh target audiens Anda.

5. Buatlah Timeline dan Anggaran

Tetapkan timeline serta anggaran bagi strategi pemasaran produk atau jasa Anda dalam menjangkau audiens sepanjang tahun. Ini harus mencakup semua promosi yang terjadwal sepanjang tahun beserta rincian lengkap biayanya.

Contoh item dalam timeline pemasaran juga mencakup misalnya, peningkatan iklan selama musim liburan dan promosi selama bulan tertentu untuk meningkatkan penjualan.

Penting juga diingat bahwa strategi pemasaran tidak dibuat begitu saja. Seiring dengan bisnis Anda yang tumbuh dan berkembang, begitu pula dengan strategi pemasaran, terus berkembang. Maka tetaplah ikuti terus kursus, webinar, atau membaca artikel untuk membantu Anda tetap mengikuti tren yang sedang berlaku saat ini.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...