Ingin Berpenghasilan dari Internet? Coba Pelajari 3 Cara Ini

Selama orang-orang beraktivitas dari rumah alias Work from Home (WFH) karena Covid 19, aktivitas daring (dalam jaringan) atau online menjadi lebih akrab. Terhubung ke internet pada akhirnya menjadi semacam kebutuhan pokok.

Banyak orang yang sebetulnya sudah cukup lama akrab dengan internet, tapi baru menyadari ternyata banyak hal yang bisa dilakukan dengan internet, dari mulai belajar hingga berbisnis. Tapi ada juga orang yang sama sekali baru menggunakan internet karena terpaksa pandemi.

Keduanya punya kesempatan sama untuk bisa mengoptimalkan fungsi internet lebih dari sebelumnya. Salah satunya untuk menghasilkan pundi-pundi keuntungan. Apalagi di masa pandemi sekarang ini banyak orang yang mengalami kesulitan keuangan akibat dampak Covid-19.

Tiga cara ini mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda bagaimana menjadikan internet sebagai sumber penghasilan, terlebih akibat Covid-19 sebagian besar bisnis pun kini dipaksa bermigrasi ke dunia digital.

Pertama, mengembangkan dan menjual kemampuan diri (skill)

Apabila Anda termasuk orang yang memiliki skill tertentu yang bisa membantu orang lain mengerjakan sesuatu, ini saatnya Anda “menjual” kemampuan Anda lewat internet.

Banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk menjual kemampuan melalui jaringan internet seperti fasilitas media sosial, website freelancer dan lain sebagainya.

Bagaimana caranya? Mulailah dengan membuat portofolio yang baik serta menarik, karena itu merupakan cerminan dari diri Anda. Portofolio yang baik akan meningkatkan nilai skill Anda di mata orang lain.

Kedua, menjual produk

Selain menjual kemampuan atau skill, berinternet dapat dioptimalkan untuk menjual produk yang Anda punya atau produk milik orang lain.

Ada sejumlah istilah yang sebetulnya sama saja dengan bisnis pada umumnya. Anda bisa memilih akan menjadi reseller, dropship atau affiliate.

Kunci dari menjual produk lewat internet salah satunya adalah riset atau pengamatan untuk menangkap peluang yang ada. Misalnya, pada saat sekarang produk yang paling dibutuhkan adalah bahan pokok, makanan setengah jadi, produk kesehatan, minuman herbal dan lain-lain. Maka juallah produk-produk yang memiliki peluang lebih baik tersebut.

Seperti halnya menjual produk secara offline, di dunia online juga Anda harus memahami betul produk yang akan dijual.

Ketiga, meningkatkan traffic

Punya produk, sama artinya Anda harus lebih banyak mengenalkan ke orang-orang, agar produk Anda terjual. Karena itu, meningkatkan traffic di internet menjadi hal yang penting.

Caranya, manfaat media sosial yang Anda punya untuk mendatangkan traffic. Ketika sudah memiliki komunitas di media sosial, mulailah memberikan edukasi terkait produk yang Anda miliki. Berikutnya pundi-pundi keuntungan akan dapat Anda petik.

Namun demikian perlu dicatat, perilaku di dunia internet sejatinya sama dengan di dunia nyata. Banyak orang baik, ada juga orang yang jahat. Pelaku kejahatan serta penipuan juga berkeliaran di dunia maya ini. Artinya, Anda tetap harus waspada dan berhati-hati.

Prinsipnya, tidak ada yang instan dalam memperoleh keuntungan di mana pun, termasuk lewat internet. Semua butuh proses, panjang dan pendeknya tergantung dari adaptasi kita terhadap teknologi digital tersebut dan seberapa keras kemauan kita untuk terus belajar.

Islam sangat menghargai proses, bahkan Nabi Saw, manusia pilihan Allah Swt melalui proses yang panjang untuk meraih sukses. Beliau bekerja keras, cerdas dan selalu di jalur yang benar. Sehingga di dunia bisnis beliau dijuluki sebagai ‘al-Amin’ karena sifatnya yang selalu berhati-hati dan senantiasa menjaga kepercayaan.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...