Hindari “Food Waste” Saat Ramadhan, Begini Caranya

Masih sering kita jumpai banyak rumah tangga berlebihan ketika menyiapkan sajian buka puasa dan santap sahur. Akibatnya kita ikut berkontribusi menambah food waste.

Pemborosan seringkali terjadi karena terbuangnya sisa-sisa makanan yang berlebih, atau kelalaian dalam mengelola bahan makanan. Biasanya terjadi karena lupa menaruh bahan makanan di dalam kulkas.

Pangan dan Pertanian Dunia atau Food Agriculture Organization (FAO) mengatakan pemborosan makanan atau food waste adalah produk pangan yang masih layak dikonsumsi, tetapi dikeluarkan dari rantai pasok karena manajemen yang buruk. Termasuk yang menjadi kadaluwarsa.

Dubai sebagai contoh, pada tahun 2018 sebanyak 60% persen makanan yang diproduksi selama ramadhan berakhir di pembuangan. Hal ini terjadi lantaran over production atau produksi yang berlebih. Kejadian ini juga banyak dialami negara lain, khususnya sebelum masa pandemi Covid-19. Banyak kegiatan buka bersama yang berujung sisa makanan terbuang.

Ramadhan seharusnya menjadi momentum bagi kita untuk hidup sederhana. Terlebih dalam kondisi seperti ini, ketika banyak orang membutuhkan makanan. Pemborosan makanan bisa menghasilkan gas metana yang menyumbang pemanasan global.

Kita bisa menghindari pemborosan makanan untuk kehidupan yang lebih baik.

Bikin daftar menu selama Ramadhan

Selain sisa makanan matang yang menjadi sumber food waste, bahan makanan yang membusuk karena kadaluwarsa atau kualitas tidak bagus tidak memungkinkan untuk dikonsumsi. Memiliki daftar menu meminimalisir terjadinya food waste karena kita bisa tahu apa dan seberapa banyak membeli bahan makanan.

Buat daftar belanja

Setelah kita tahu menu-menu yang akan kita masak, selanjutnya buatlah daftar belanja. Ini penting supaya kita tidak mudah tergoda untuk membeli bahan makanan di luar yang direncanakan. Tentunya daftar belanja juga memudahkan kita mengelola keuangan.

Perkirakan porsi saat memasak

Saat sedang berpuasa seringkali kita terlalu bersemangat memasak khususnya untuk keperluan buka puasa. Maklum, kondisi perut sedang kosong, walhasil porsi makanan berlebih. Sudah saatnya kita memperkirakan porsi yang tepat agar tidak berkontribusi meningkatkan food waste.

Simpan atau bagikan makanan kepada yang membutuhkan

Tidak dipungkiri dalam setiap jamuan seringkali masih ada tersisa makanan. Tidak perlu sungkan, simpan dan bawa pulang ke rumah, masukkan ke dalam kulkas untuk dinikmati kemudian. Kita juga bisa membagikannya kepada orang yang membutuhkan.

Jadikan sisa makanan menjadi kompos

Terakhir, segala upaya telah dilakukan untuk meniadakan food waste, ternyata masih juga tersisa makanan, kita bisa menjadikannya kompos. Terlebih bahan nabati, lebih mudah menjadi kompos dibanding daging. Bagaimana cara membuat kompos? Silakan googling.

Komentar
Loading...