Heboh Aplikasi Audio Eksklusif ‘Clubhouse’, Seperti Apa Sih?

Aplikasi jejaring sosial diramalkan bakal terus berkembang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Sampai batas mana? Tidak ada yang tahu. Mungkin tak ada batasnya. Terbaru, aplikasi bernama ‘Clubhouse’ menarik perhatian netizen seluruh dunia.

Apa itu Clubhouse? Secara garis besar, mengutip TheGuardian, ini adalah aplikasi jejaring sosial berbasis audio-chat yang bersifat eksklusif karena khusus undangan, yang merupakan gabungan dari panggilan konferensi, radio talkback dan Houseparty.

Mirip-mirip Podcast

Dengan aplikasi Clubhouse pengguna dapat mendengarkan percakapan, wawancara, dan diskusi antara orang-orang yang menarik tentang berbagai topik. Ini mirip-mirip mendengarkan podcast tapi bedanya secara langsung, dan dengan tambahan: eksklusif.

Hanya untuk Undangan

Kenapa Clubhouse disebut aplikasi audio eksklusif? Karena aplikasi ini hanya untuk undangan. Anda tidak bisa hanya langsung mendownload dari App Store atau Play Store lalu membuat akun.

Sama seperti klub eksklusif di dunia nyata seperti klub kapal pesiar, Anda harus diundang terlebih dulu untuk bergabung dengan anggota yang sudah ada. Seperti elitisme di dunia nyata tapi dijadikan virtual.

Saat Anda bergabung, Anda akan memilih topik yang menarik, seperti teknologi, buku, bisnis, atau kesehatan. Semakin banyak informasi yang Anda berikan kepada aplikasi tersebut tentang minat Anda, maka semakin banyak ruang percakapan dan individu yang direkomendasikan aplikasi untuk Anda ikuti.

Gambaran ruang percakapan, seperti panggilan konferensi (call conference), tapi dengan beberapa orang yang berbicara di telepon dan sebagian besar yang lain mendengarkan. Uniknya, seperti halnya panggilan telepon, setelah percakapan selesai, ruangan pun ditutup.

Beda dengan aplikasi lain, di mana video live streaming tetap berada di platform dan bisa kembali ditonton, audio percakapan di Clubhouse langsung menghilang. Tapi ini tidak menutup kemungkinan pengguna untuk merekam percakapan langsung tersebut, di YouTube misalnya.

Bagaimana cara mendapatkan undangan Clubhouse?

Untuk bergabung, pengguna Clubhouse yang sudah ada harus mengirimi Anda undangan dari aplikasi mereka untuk memberi Anda akses membuat akun.

Ketika diundang, Anda akan melihat link yang dikirim ke nomor telepon Anda, lalu mengarahkan Anda ke halaman pendaftaran di aplikasi.

Tapi, pengguna Clubhouse tidak bisa mengirim undangan kepada siapa saja, karena pada awalnya mereka hanya hanya memiliki dua undangan.

Namun demikian, baru-baru ini Clubhouse mengumumkan bahwa tujuan mereka tahun 2021 adalah menyelesaikan aplikasi beta, sehingga pada akhirnya mereka dapat membuka Clubhouse ke seluruh dunia.

Dipopulerkan oleh Elon Musk

Clubhouse sebetulnya sudah ada sejak Maret 2020, diluncurkan oleh pengusaha Silicon Valley, Paul Davidson dan Rohan Seth. Pada Mei 2020, hanya memiliki 1.500 pengguna, dan nilainya baru USD 100 juta.

Tapi belakangan, aplikasi ini menjadi populer ketika Elon Musk membuat obrolan audio di Clubhouse dengan CEO Robinhood Vlad Tenev. Aktivitas tersebut menjadi viral setelah dialirkan langsung ke YouTube. Clubhouse pun naik ke puncak tangga startup dan memicu perebutan undangan.

Per 1 Februari 2021, Clubhouse telah memiliki 2 juta pengguna. Clubhouse sendiri telah mengumumkan fitur-fitur baru yang akan datang, seperti tip, tiket atau langganan, untuk membayar kreator secara langsung di aplikasi.

Clubhouse kini bernilai USD 1 miliar dan dianggap sebagai startup Unicorn seperti AirBnb, Uber, dan SpaceX.

Berebut Undangan

Permintaan undangan untuk keanggotaan sekarang menjadi rebutan. Pasar Clubhouse pun tumbuh di platform seperti Reddit, eBay, dan Craigslist. Di China, undangan dijual di pasar bekas Alibaba, Idle Fish.

Di China aplikasi ini mendadak populer karena eksklusivitasnya. Meski sensor dan kontrol pemerintah ketat di China, Clubhouse terbukti berhasil lolos dan sempat dinikmati netizen di sana selama beberapa bulan. Tidak seperti nasib media sosial lainnya seperti Instagram dan Facebook.

Bagi pengguna di China, Clubhouse menarik karena memberi mereka kesempatan langka untuk bebas berekspresi. Mereka terlibat dalam diskusi tentang sejumlah topik, yang biasanya diblokir.

Pengguna Clubhouse sebagian besar adalah investor teknologi dan profesional. Namun sayang, pada Senin 8 Februari 2021, Clubhouse telah diblokir di China.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...