Hati-hati, Ini 5 Kesalahan Zooming yang Mungkin Tidak Disadari

Rapat menggunakan Zoom Meeting menjadi hal yang biasa, setelah berbulan-bulan orang-orang “tersandera” pandemi Covid-19. Zooming juga sekarang dilakukan untuk acara-acara resmi yang bersifat formal seperti seminar, rapat kerja, hingga pelantikan pejabat.

Setelah zooming menjadi kebiasaan sehari-hari, mungkin saja membuat kita abai dan akhirnya tidak menyadari kesalahan terjadi, meskipun mungkin hal yang sepele.

Nah, mengutip Forbes, berikut ini lima kesalahan yang mungkin sering dilakukan orang-orang saat melakukan zooming, beserta cara memperbaikinya dengan mudah:

1. Melihat diri sendiri

Orang terkadang suka melihat diri sendiri di layar. Entah kenapa, yang jelas setiap orang selalu ingin memastikan dia terlihat rapi. Tapi, jika selama zooming perhatian dia hanya pada diri sendiri, tentu saja kurang baik.

Oleh karena itu, setelah melakukan pemeriksaan singkat soal kerapian diri, latar belakang dan lainnya, saatnya untuk mengaktifkan opsi ‘sembunyikan tampilan diri’.

Dengan mengaktifkan opsi ini, maka semua orang dapat melihat Anda, tetapi Anda tidak perlu menatap diri sendiri selama zooming berlangsung.

2. Melihat layar saat berbicara

Melihat orang-orang di layar saat Anda berbicara, membuat seolah-olah Anda sedang melihat ke bawah. Anda memang dapat melihat layar secara berkala untuk mengukur reaksi dan memeriksa komentar serta pertanyaan, tapi hendaknya sebagian besar waktu Anda untuk melihat langsung ke kamera.

Apakah kebiasaan ini akan terasa sedikit canggung? Mungkin iya bagi Anda, tetapi tidak bagi audiens Anda.

Nah, trik yang mungkin berguna adalah dengan menempelkan foto seseorang yang Anda sayangi pada dinding di belakang laptop Anda. Lihat foto itu saat Anda berbicara. Maka itu akan lebih terasa seperti Anda sedang berbicara dengan seseorang, bukan hanya dengan kamera web Anda.

3. Background yang berantakan

Latar belakang yang berantakan sungguh sangat mengganggu. Maka itu, selalu periksa untuk memastikan latar belakang Anda bersih dan rapi, dan tidak ada apa pun yang terasa janggal terlihat dalam tampilan Anda. Jangan sampai seperti orang yang terjebak di rumah yang berantakan.

Sisihkan waktu sebelum zooming untuk membereskan tempat Anda, terutama jika itu bukan tempat Anda biasanya melakukan Zoom.

Tips ini mungkin bermanfaat: untuk mengurangi tampilan latar belakang Anda, duduklah lebih dekat ke dinding. Semakin dekat latar belakang Anda dengan Anda dan laptop, semakin sedikit yang bisa terlihat. Saat Anda semakin jauh, kamera akan menampilkan lebih banyak ruang di sekitar Anda.

4. Tidak membisukan Mikrofon

Mikrofon Anda harus dibisukan kecuali sedang bicara. Sebab mikrofon menangkap banyak suara di sekitar, jadi jika ada seseorang yang berbicara di ruangan lain atau ada suara keras di luar, itu sering kali terdengar.

Maka membisukan semua orang adalah solusi untuk menghilangkan gangguan dan memastikan bahwa pembicara dapat tetap fokus pada apa yang disampaikan daripada terus mengawasi mikrofon.

5. Berbagi layar yang tidak relevan

Pastikan Anda tidak membagikan hal yang tidak relevan saat berbagi layar. Pilihlah untuk hanya berbagi file atau jendela browser tertentu yang Anda butuhkan.

Tutup semua tab browser lain, atau dokumen yang terbuka sehingga tidak ada kemungkinan Anda berbagi dokumen yang salah secara tidak sengaja.

Selain itu, sebaiknya Anda juga mematikan notifikasi, sebab bukankah Anda tidak ingin apapun muncul saat Anda berbagi layar?

6. Waspadalah terhadap filter

Jangan sampai tertangkap basah seperti halnya pengacara yang berubah menjadi kucing yang kemudian viral di Internet.

Maka itu selalu periksa tampilan video Anda sebelum zooming, terutama jika anak-anak Anda telah menggunakan perangkat Anda, atau Anda menggunakan perangkat yang berbeda dari yang biasanya Anda gunakan untuk zooming.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...