Generasi Apa yang Doyan Belanja Daring? Ternyata…

Sebelum pandemi aktivitas belanja daring sudah menunjukkan peningkatan yang pesat. Terlebih lagi saat masa pandemi.

Belum lama ini Katadata Insight Center memaparkan hasil penelitian “Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia” secara virtual pada Rabu 9 Juni. Hasilnya cukup menarik dan sedikit mengejutkan. Diketahui generasi X dan baby boomers ternyata lebih banyak berbelanja di niaga elektronik dibandingkan generasi milenial.

Generasi baby boomers adalah mereka yang lahir antara tahun 1946 sampai dengan 1964. Gen X adalah mereka yang lahir antara tahun 1965 hingga 1980. Sementara milenial tahun 1981 hingga 1996.

Selama ini kita berpikir generasi milenial yang banyak melakukan aktivitas belanja di niaga elektronik. Data membuktikan bukan!

Riset yang dikerjasamakan dengan Kredivo itu menyatakan, kelompok baby boomers belanja produk secara daring terbanyak. Rata-rata 19 produk dengan 13 transaksi dalam setahun. Generasi X memiliki rerata belanja 18 produk dengan 12 kali transaksi. Sementara milenial atau gen Z diketahui lebih sedikit, hanya 16 produk dengan 10 transaksi.

Riset ini menggambarkan perubahan pola konsumsi dan belanja semasa pandemi. Expert Panel Katadata Insight Center Mulya Amri mengatakan perubahan konsumsi seiring dengan berubahnya aktivitas konsumen yang lebih banyak di rumah.

“Pandemi mendorong perubahan yang cepat. Siapa saja konsumen e-dagang? Apa yang mereka beli? Kapan waktu tersibuk untuk belanja? Ini semua mengalami perubahan,” ujar Mulya.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...