Facebook Uji Coba Instagram Rasa TikTok

Kehadiran TikTok yang didirikan oleh Zhang Yiming pada September 2016 membuat persaingan platform media sosial semakin ketat. Tidak mau kalah dengan TikTok, belum lama ini Facebook menguji perubahan drastis pada tampilan  Instagram yang lebih seperti TikTok.

Pimpinan Instagram Adam Mosseri mengatakan jika Instagram memiliki rencana untuk menampilkan video layar penuh kepada pengguna di feed mereka. Layanan ini termasuk video yang bisa direkomendasikan kepada pengguna, termasuk dari akun yang belum mereka ikuti.

“Pengguna akan mulai melihat eksperimen Instagram dengan perubahan ini selama beberapa bulan mendatang, ujar Mosseri, seperti yang redaksi kutip dari CNBC.com. Baca juga >>

Selain itu Mosseri juga melihat TikTok dan Youtube adalah pesaing serius yang harus dihadapi. Perubahan drastis ini akan membuat Instagram bukan lagi aplikasi berbagi foto maupun aplikasi berbagi foto persegi.

Sebagian pemerhati melihat Instagram sedang menyelaraskan aplikasi dengan TikTok untuk bersaing secara langsung. Inilah tujuan dari perubahan Instagram.

Salah satu layanan yang telah diluncurkan Instagram untuk bersaing dengan TikTok adalah Reel. Pada Agustus 2020 pengguna sudah bisa menggunakan fitur video pendek yang memungkinkan mereka membuat konten dengan audio overlay dan efek augmented reality, seperti layanan TikTok. Baca juga >>

“Orang-orang mencari Instagram untuk dihibur, ada persaingan ketat dan masih banyak pekerjaan yang harus kita lakukan. Kita harus menerima kenyataan itu, dan itu berarti perubahan,” kata Mosseri.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...