Facebook Gelontorkan 1 Miliar Dolar Buat Influencer

Saat ini Facebook dikenal sebagai jejaring media sosial populer meskipun lebih banyak digunakan oleh generasi tua. Para pengguna Facebook, mungkin mereka tidak begitu memahami cara kerja komputer kekinian. Para orang tua atau bahkan para kakek-nenek sekarang menjadikan Facebook sebagai “rumah” mereka.

Generasi yang lebih muda, seperti milenial atau Gen-Z memilih platform lain yang lebih baru, seperti TikTok untuk membangun pengikut mereka. Baca juga >>

Menyadari hal itu, Facebook mengungkapkan rencana mereka untuk menarik kembali para influencer ke platformnya. Sehingga mungkin dalam waktu dekat Facebook akan berubah.

Facebook baru-baru ini meluncurkan rencana untuk membayar para influencer senilai USD 1 miliar (Rp14,4 triliun) untuk memanfaatkan produknya. Program tersebut rencananya akan berjalan hingga akhir tahun 2022. Baca juga >>

Tujuannya adalah untuk menghidupkan kembali platform media sosial tersebut dan mengubahnya dari sekadar tempat “nongkrong” orang-orang tua. Strategi ini juga berlaku untuk Instagram, yang saat ini dengan cepat bersaing dengan TikTok.

Mengutip Deadline, bahwa Facebook akan memberi penghargaan kepada para pembuat konten, terutama bagi para pemula, dan akan membuat program bonus baru yang memberikan kompensasi kepada para pembuat konten yang memenuhi syarat, untuk mencapai milestones dalam menggunakan tools-tools di Facebook.

Facebook juga akan menyediakan dana awal bagi para pembuat konten untuk membuat konten mereka sendiri.

“Kami ingin membangun platform terbaik bagi jutaan pembuat konten untuk mencari nafkah,” kata CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam sebuah posting Facebook. Baca juga >>

“Berinvestasi pada pembuat konten bukanlah hal baru bagi kami, tetapi saya bersemangat untuk memperluas pekerjaan ini dari waktu ke waktu,” imbuhnya.

Beberapa dari program tersebut dilaporkan sudah tersedia, meskipun masih melalui undangan (invitation) bagi pembuat konten terpilih.

Beberapa diantaranya berupa bonus iklan IGTV yang memungkinkan pembuat konten mendapatkan bonus saat mendaftar, bonus Reels Summers, yang membayar pembuat konten Instagram untuk membuat konten Reel di Instagram, badges (lencana) dalam bonus Langsung, yang memberi penghargaan kepada pembuat konten yang mencapai milestones tertentu, serta Bonus Tantangan Bintang (Stars Challenges), yang melibatkan pembuat game yang mencapai Bintang bulanan tertentu selama tiga bulan ke depan.

#facebook #influencer #tiktok

Baca Lainnya
Komentar
Loading...