Eurovia Kembangkan Teknologi Pemanas Jalan Otomatis

Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di jalan adalah jalanan licin karena air atau es (salju). Sehingga kendaraan yang lewat terpeleset dan terjadilah peristiwa yang tak diinginkan tersebut.

Lalu, bagaimana agar jalanan tidak menjadi licin? Tentunya, dibutuhkan sebuah teknologi canggih yang bisa mewujudkannya. Di sinilah Eurovia mulai mengambil peran signifikan.

Sebagaimana dilansir Visordown, Senin (1/2), teknologi ini memungkinkan jalan dapat memanaskan dirinya sendiri di musim dingin untuk membersihkan salju dan es.

Jalan ini dibangun berdasarkan prinsip yang cukup mendasar dari sebuah penukar panas dan tidak berbeda dengan pipa yang biasa ditemui pada pemanas di bawah lantai.

Cara kerjanya, suatu fluida dilewatkan melalui pipa yang tertanam di bawah jalan dan bergantung pada suhu lingkungan. Sedangkan energinya dapat diambil dari atau dikirim ke lapisan permukaan jalan.

Kelebihan lain teknologi ini, selama musim panas ia juga dapat menerima panas, menyimpannya dan kemudian melepaskannya di musim dingin. Hal ini bisa membantu untuk membersihkan penghalang seperti es atau salju. Atau, energinya bisa dialihkan ke rumah atau bangunan terdekat.

Jalan penghilang es otomatis ini diumumkan di Prancis. Bukan sekedar gagasan, teknologi ini sudah diterapkan di salah satu jalan sepanjang 120 m di Egletons, Prancis.

Diharapkan, adanya teknologi ini juga bisa berguna untuk mengurangi kecelakaan akibat jalan licin di musim dingin di negara yang memiliki empat musim.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...