Di Usia ke-60, Iwan Fals Keluarkan Album Baru

Siapa yang tak kenal Iwan Fals, penyanyi dan pencipta lagu balada yang legendaris. Di masanya, Iwan Fals banyak menciptakan lagu-lagu hits. Tak sedikit lagunya bertema kritik terhadap penguasa dan kondisi lingkungan, dan tak jarang menjadi kontroversi.

Kini, usia sang legenda sudah tak muda lagi. Tepat pada 3 September 2021, musisi bernama asli Virgiawan Listanto itu genap berusia 60 tahun. Meski sudah jarang sekali manggung, karya-karya Iwan Fals tetap digemari. Bahkan oleh elite kekuasaan sekalipun yang kerap dikritiknya melalui lirik-lirik lagu.

Komunitas penyuka lagu-lagu Iwan Fals mungkin jumlahnya sudah ratusan ribu. Mereka menamakan diri dengan Oi (Orang Indonesia), yang anggotanya tersebar ke seluruh penjuru Nusantara. Baca juga >>

Meski usia tak lagi muda, namun untuk urusan berkarya semangat Iwan Fals tetap empat lima. Baru-baru ini, bertepatan dengan ulang tahun yang ke-60 ia mengeluarkan sebuah album baru bertajuk “Pun Aku”. Album tersebut merupakan yang ke-42.

“Ini personal banget. Kisah-kisah di lagu ini penggalan waktu di zaman reformasi, catatan-catatan yang saya lakukan. Saya tidak bisa lari dari saya sendiri,” kata Iwan Fals dalam konferensi pers virtualnya, Jumat (3/9).

Iwan membuat album “Pun Aku” karena dia ingin menyanyikan untuk dirinya sendiri.

Album “Pun Aku” terdiri dari 12 lagu dengan total waktu putar 55 menit, antara lain: “Pun”, “Sebuah Genteng”, Bunga Kayu”, “Patah” dan “Untukmu”.

Kemudian ada juga lagu berjudul “Selamat” yang dibuat dalam versi video musiknya. Lagu tersebut berisi pesan ulang tahun untuk Iwan Fals.

“Semua orang mengalami ulang tahun, hari yang penuh doa,” kata Iwan soal ide membuat lagu “Selamat”, sebuah lagu tentang ulang tahun. Baca juga >>

Selain lagu-lagu tersebut, ada dua lagu dalam album yang sebetulnya sudah hadir lebih dulu, yaitu “16/01” yang ditulis bersama dan juga menampilkan Sandrayati Fay, serta lagu “Merah Putih” yang diluncurkan sebagai kado personal dari Iwan Fals untuk Kemerdekaan Indonesia ke-76.

Lantas, apa tujuan Iwan Fals meluncurkan lagu terbarunya?

Musisi yang populer dengan lagu “Bento” ini hanya berharap album terbarunya bisa menginspirasi kebaikan, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Begitu sederhana, tapi amat mulia.

#iwanfals #lagu #bento

Baca Lainnya
Komentar
Loading...