Di Manakah Kota Paling Aman?

The Economist Intelligence Unit (EIU) merilis daftar kota-kota paling aman di dunia atau disebut dengan Safe Cities Index (SCI) 2021. Kota mana saja yang dianggap paling aman?

Tahun ini kota Kopenhagen di Denmark menjadi urutan pertama, mengumpulkan 82,4 poin dari nilai total 100. Kemudian kota Toronto di Kanada dengan 82,2 poin.

Setelahnya ada Singapura dengan skor sebesar 80,7. Sydney, Australia tercatat memiliki skor sebesar 80,1 dalam SCI 2021.

Kemudian, Tokyo, Jepang dan Amsterdam, Belanda masing-masing punya skor 80 dan 79,3.

Wellington di Selandia Baru punya skor sebesar 79. Hong Kong dan Melbourne, Australia sama-sama memiliki skor sebesar 78.6. Sementara, Stockholm di Swedia punya skor sebesar 78.

Bagaimana dengan kota Jakarta? Untuk saat ini ibu kota negara Indonesia ini hanya memiliki skor sebesar 56,4 dalam SCI 2021, yakni berada di urutan 46 secara global, diapit oleh Ho Chi Minh, Vietnam dan Johannesburg, Afrika Selatan.

SCI 2021 disusun berdasarkan 76 indikator yang terdapat dalam lima pilar keamanan, mulai dari personal, kesehatan, infrastruktur, lingkungan, hingga digital. Skala yang digunakan SCI 2021 yaitu skala 0-100.

Senior editor EIU dan editor SCI 2021 Naka Kondo mengatakan, para ahli telah menyebut bahwa Covid-19 telah mengubah konsep keselamatan perkotaan.

Keamanan digital sekarang mendapatkan prioritas yang lebih tinggi. Sebab, banyak pekerjaan dan transaksi perdagangan kini berpindah ke online.

“Kota-kota di dunia harus beradaptasi dengan perubahan dramatis dalam hal pola perjalanan warganya, juga bagaimana mengatasi perubahan pola kejahatan digital, serta bagaimana penduduk dan pejabat perkotaan bertanggung jawab terhadap keselamatan lingkungan warganya terkait krisis Covid-19,” jelasnya.

#kopenhagen #jepang #belanda

Baca Lainnya
Komentar
Loading...