Data 279 Penduduk Indonesia Bocor?

Jagat maya sedang diramaikan dengan dugaan kebocoran data 279 juta penduduk Indonesia di forum peretas Raid Forums pada 12 Mei 2021.

Data yang dijual oleh akun Kotz kabarnya terdiri dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), nama, alamat email hingga nomor ponsel.

Jubir Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan kementeriannya sedang menelusuri dan memastikan apakah benar data penduduk Indonesia bocor dan dijual peretas di Raid Forums.

“Kementerian Kominfo sedang melakukan pendalaman atas dugaan kebocoran data tersebut. Saat ini belum bisa disimpulkan apakah data di Raids Forum itu benar kumpulan NIK, KTP, BPJS dan lain-lain,” kata Dedy seperti dikutip dari Tribunnews.com, Kamis (20/5).

Dedy berjanji akan menginformasikan perkembangan lebih lanjut setelah investigasi selesai.

Informasi dugaan kebocoran data dicuitkan akun Twitter @nuicemedia pada Kamis (20/5). “And here we go. Full of data the entire country’s population. Including salaries and data of dead people. Personal data protec whaaaaaaat??” seperti yang redaksi lihat dalam tangkapan layar @nuicemedia.

Sementara BPJS menanggapi dugaan kebocoran data dengan mengeluarkan Holding Statement. BPJS Kesehatan mengerahkan tim khusus untuk memastikan apakah benar ada kebocoran data dan berasal dari instansinya.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...