Buah-buahan Ini Bagus untuk Kesehatan Paru-paru

Wabah Pneumonia Wuhan yang disebabkan koronavirus di China masih terus mengkhawatirkan warga dunia. Pasalnya, hingga kini masih belum ada vaksin khusus untuk mencegah penularan penyakit ini.

Komisi Kesehatan Wuhan China menyebutkan, hingga Senin (20/1) total sudah ada 217 kasus virus baru ini di China, 198 di antaranya berada di Wuhan. Wabah tersebut kini sudah menyebar ke banyak kota di China termasuk ibukota Beijing dan Shanghai dan empat kasus lain dilaporkan berada di luar China, yakni di Korea Selatan, Thailand dan Jepang. Di China sendiri sudah ada 4 korban meninggal dunia yang diakibatkan virus tersebut.

Perlu diketahui, pneumonia adalah penyakit infeksi yang menyerang jaringan di paru-paru. Biasanya disebabkan oleh berbagai macam organisme seperti virus, bakteri atau jamur.

Pneumonia sangat mudah ditularkan antar-manusia lewat udara seperti saat batuk dan bersin. Virus dan bakteri penyebab pneumonia pun dapat dengan mudah keluar melalui hidung atau mulut dan kemudian menginfeksi tubuh yang lain. Namun untuk kasus koronavirus di Wuhan China ini belum diketahui pasti cara penularannya.

Penyakit apapun termasuk koronavirus sebetulnya dapat mudah menyerang orang karena sistem kekebalan tubuhnya lemah atau orang yang sedang terinfeksi penyakit lain. Maka itu, sebetulnya tidak perlu panik menyikapi wabah virus ini. Menjaga kebersihan, melakukan pola hidup sehat, serta menjaga nutrisi yang seimbang dan istirahat yang cukup adalah cara-cara untuk menghindari tertular virus, karena ini terkait dengan imunitas tubuh.

Nah, penting juga untuk menjaga kesehatan paru-paru kita agar tidak mudah terinfeksi virus, salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu. Berikut ini adalah buah-buahan terbaik yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Alpukat

Buah Alpukat. Foto: Mali Maeder.

Alpukat kaya dengan vitamin E, K, B6, riboflavin, asam pantotenat dan niacin serta sarat asam lemak tak jenuh ganda. Vitamin ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang efektif melawan radikal bebas. Di Indonesia buah alpukat mudah ditemukan dan dapat diolah menjadi beragam minuman segar seperti jus, es campur, smooties atau alpukat kocok.

Apel

Buah Apel. Foto: Mali Maeder.

Apel juga mudah dijumpai di toko atau tukang buah. Di Indonesia buah apel banyak tumbuh di kota-kota berudara dingin seperti di Malang Jawa Timur Apel kaya sumber antioksidan dan fitokimia, seperti katekin, asam klorogenat dan floridzin. Buah ini membantu mengurangi risiko asma, kanker, peradangan dan penyakit kardiovaskular. Menurut penelitian, makan apel secara teratur dapat menurunkan risiko asma. Senyawa yang ditemukan di dalam buah apel, seperti flavonoid dan khellin dapat secara efektif membuka saluran udara sehingga pernapasan menjadi lancar.

Beri

Buah Strawberi dan buah Beri. Foto: Suzi Hazelwood.

Beri-berian seperti stroberi, rasberi, kranberi, blackberry dan blueberry mengandung asam fenolik, flavonoid, tanin, asam askorbat dan fitokimia. Zat-zat tersebut membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan, melindungi jantung dan melawan berbagai jenis kanker.

Aprikot

Buah Aprikot. Foto: Pixabay.

Aprikot tidak hanya lezat tapi juga pelindung yang kuat bagi paru-paru. Para peneliti menemukan aprikot sebagai sumber vitamin C, vitamin E, betakaroten dan likopen. Semua senyawa ini adalah antioksidan. Aprikot memiliki sifat antialergi, antimikroba, anti-inflamasi dan antikanker.

Blewah

Buah Blewah. Foto: Susanne Jutzeler.

Blewah mengandung vitamin C yang memiliki potensi untuk melawan radikal bebas. Jika Anda memiliki riwayat asma atau masalah pernapasan lain, disarankan untuk mulai mengonsumsi buah berkandungan vitamin C seperti blewah.

Jeruk Bali

Buah Jeruk Bali. Foto: Jessica Lewis.

Jeruk bali dikenal dengan sifat penambah berat badan serta banyak manfaat kesehatan lain. Buah rendah kalori ini juga sumber vitamin C, vitamin B6, tiamin, asam folat dan magnesium. Jeruk bali mengandung bioaktif flavon dan naringenin yang memilik sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Mengonsumsi jeruk bali secara rutin dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan mengurangi peradangan pada sistem pernapasan.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...