Bosque! Ini Cara Mengatasi Gangguan Pada Lambung

Seorang pasien dengan keluhan lambung bertanya, “Apakah maag saya bisa sembuh total atau tidak ya?”

Sebenarnya bisa sembuh total, tergantung dari keluhannya seperti apa.

Gangguan maag terjadi karena faktor makanan. Ada penderita yang kalau makan pedas atau yang mengadung rasa asam seperti cuka langsung terasa perih. Solusinya, hindarilah makanan yang menjadi pemicunya.

Selain faktor makanan, gangguan maag bisa disebabkan karena stres. Faktor ini lah yang paling sering terjadi. Penyembuhannya dengan pengendalian diri.

Ada beragam cara untuk melatih pengendalian diri. Yoga, salah satunya. Olahraga yang banyak digandrungi masyarakat perkotaan ini fokus pada kekuatan tubuh dan pikiran. Melalui beberapa gerakan yang dikombinasikan dengan pernafasan, diyakini akan meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Sebagian orang melatih pengendalian diri dengan melakukan meditasi. Meditasi tidak memerlukan ruangan besar, dan tidak harus di dalam ruangan juga. Cukup di tempat yang nyaman menurut pelaku. Berlatih meditasi dengan mengatur pola nafas perlahan-lahan dan teratur setidaknya 15 sampai 20 menit setiap harinya atau kapan saja di sela-sela aktivitas harian.

Bagi seorang muslim, ada juga latihan pengendalian diri dengan memperbanyak puasa dan dzikir. Dengan berpuasa kita melatih empati dan meningkatkan imun, dan dengan berdzikir kita berupaya menyambungkan diri dengan Yang Maha Kuasa. Belajar menerima segala takdir dan bersyukur atas karunianya.

Kembali ke masalah gangguan lambung. Ada hal penyebab lainnya yaitu bakteri. Gangguan lambung karena bakteri menyebabkan sakit lambung dari skala ringan sampai menimbulkan pendarahan atau bahkan dapat menjadi pemicu timbulnya kanker. Bakteri ini disebut Helicobacter Pylori.

Epidemilogi menyatakan 50% dari penduduk dunia terpapar bakteri Helicobacter Pylori. Di Indonesia menurut sebuah penelitian pada 800 penderita gangguan lambung, hampir 20% nya terjadi karena bakteri tersebut.

Untuk mengatasi masalah lambung yang disebabkan oleh bakteri, dokter biasanya memberikan antibiotik dan pengendali asam lambung yang diberikan selama lebih kurang dua minggu.

“Apakah keluhan maag saya bisa sembuh total atau tidak ya?” Jawabannya: Ya! tergantung dari faktor penyebabnya tadi.

Pastikan Anda cepat dan tanggap ketika mengalami gangguan pada lambung. Anda juga bisa konsultasi ke Klinik Asam Lambung dan Kecemasan yang berada di Jakarta Timur, di nomor 0812 94-2727-69.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...