Bisakah Clubhouse Dipakai Kembangkan Bisnis?

Jika masih bertanya-tanya, apakah aplikasi perpesanan suara Clubhouse bisa dipakai untuk mengembangkan bisnis? Jawabannya simpel saja: ia punya 10 juta pengguna.

Nama Clubhouse mungkin sudah tidak asing terdengar, meskipun banyak orang Indonesia belum mulai menggunakannya. Aplikasi media sosial baru ini memang bisa digunakan hanya untuk yang mendapat undangan.

Tapi tahukah Anda, saat ini Clubhouse memiliki 10 juta pengguna? Untuk sebuah aplikasi yang saat ini hanya tersedia untuk iOS, apalagi tidak terbuka untuk semua orang, ini jumlah yang besar.

Clubhouse adalah aplikasi live audio yang merupakan kombinasi unik dan menyenangkan dari sesuatu yang terdengar membosankan tetapi sebenarnya menarik.

Ini seperti podcast, tapi juga seperti seseorang diizinkan untuk mendengarkan panggilan telepon orang lain.

Pada dasarnya, Clubhouse memungkinkan penggunanya membuat ruangan atau room dan klub di dalam ruang virtual. Setiap ruangan adalah diskusi atau obrolan audio di antara pengguna. Diskusi ini dapat dijadwalkan atau bisa saja muncul tanpa pemberitahuan.

Diskusi bisa melibatkan orang terbatas, seperti format wawancara, di mana pengguna lain hanya mendengarkan. Bisa juga melibatkan banyak pengguna.

Room dan klub berdasarkan tema dan kata kunci yang bisa dicari sehingga memungkinkan pengguna mengetahui apa yang menyatukan sebuah grup atau acara.

Dan, ada satu fitur penting di Clubhouse, yaitu percakapan tidak direkam oleh aplikasi. Jadi, perbedaan antara Clubhouse dan podcast adalah Anda harus mendengarkannya secara langsung, karena diskusi tidak direkam.

Masih bingung, bagaimana Clubhouse bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis?

Mari kita lihat beberapa contohnya. Di Amerika seorang bernama Daymond John, dari Shark Tank sekarang populer karena menjalankan klub Clubhouse bertajuk “If You Want to Be Rich, Think Like This!!!” (Jika Anda Ingin Kaya, Berpikir seperti Ini!!!).

Klub juga mengadakan acara dengan judul seperti “Failures that have Fueled Success” (Kegagalan yang Mendorong Kesuksesan).

Kemudian Katherine Lynn, pendiri platform lamaran pekerjaan bernama NextSteps, sekarang mengetuai Women Founders Club. Ia memiliki sekitar 70.000 anggota dan menampung tamu yang membahas topik-topik menarik bagi para pengusaha wanita.

Pada dasarnya, apapun minat Anda, apapun industri Anda, Anda dapat menemukan klub dan acara dengan percakapan yang dapat memberi informasi, menginspirasi, dan menghubungkan Anda dengan orang lain di bidang Anda.

Mengutip Entrepreneur, apa saja yang dapat Anda kembangkan dengan memanfaatkan Clubhouse?

1. Jaringan

Manfaat yang paling jelas dari Clubhouse adalah terhubung dengan lebih banyak orang di industri Anda.

Dengan mendengarkan dan berpartisipasi dalam acara di Clubhouse, Anda akan memperluas jaringan Anda.

2. Memposisikan diri Anda sebagai pakar di industri tertentu

Salah satu komponen dalam mengembangkan brand image Anda adalah menjadikan diri Anda dan perusahaan Anda sebagai pemimpin kategori tertentu.

Potensi untuk mendapatkan eksposur yang lebih besar melalui Clubhouse hampir tidak terbatas.

Berbagi pengalaman dan wawasan Anda dengan orang lain di industri Anda dapat membantu membangun reputasi Anda sebagai seorang pakar di industri tersebut.

3. Mengadakan acara virtual

Selain untuk jaringan bisnis, Anda juga bisa dapat menggunakan platform Clubhouse untuk berinteraksi dengan calon pelanggan dengan mengadakan acara virtual.

Toko sepatu Anda misalnya dapat dipromosikan lewat percakapan dengan seorang perancang sepatu, di mana pelanggan dapat memperoleh jawaban dan wawasan tentang proses pembuatan dan desain sepatu.

Bisnis akuntansi Anda misalnya, bisa menyelenggarakan acara tentang bagaimana cara pengurangan pajak yang tidak banyak diketahui orang yang bisa menghemat uang klien.

4. Menemukan atau menjadi seorang mentor

Tidak setiap pengusaha beruntung memiliki mentor yang bisa mereka temui dan terhubung secara langsung. Clubhouse menawarkan platform hebat untuk terhubung dengan orang-orang yang menantang, dan menginspirasi Anda.

Mendapatkan nasehat dari ahli adalah aset besar saat Anda mengembangkan bisnis. Begitupun berbagi keahlian dengan orang lain, juga dapat memberikan perspektif baru bagi seorang pebisnis berpengalaman.

Mentoring menguntungkan kedua belah pihak, dan Clubhouse adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan orang lain dan membangun hubungan mentoring.

5. Mendapatkan umpan balik secara langsung

Sebagian besar pengusaha terus-menerus menghasilkan ide baru, dari yang biasa, moderat, hingga ekstrem. Salah satu manfaat Clubhouse adalah Anda akan memiliki jaringan yang dapat digunakan untuk bertukar ide.

6. Menemukan investor

Menjalankan bisnis membutuhkan dana, dan tidak semua orang bisa mendapatkannya. Clubhouse adalah satu cara lagi untuk terhubung dengan calon investor, menyempurnakan penawaran Anda, dan bahkan melakukan closing.

Mulailah pelajari tentang Clubhouse. Setelah Anda mendapat undangan menjadi anggota, terlibatlah. Mampirlah ke room, dengarkan percakapan, ajukan pertanyaan, dan bagikan pengalaman Anda.

Temukan cara untuk menghubungkan bisnis Anda dengan orang lain. Tapi ingat, bagaimanapun, aplikasi bukanlah alat untuk langsung menciptakan penjualan. Ini tentang cara bagaimana Anda mendengarkan dan berkontribusi pada percakapan penting pada bidang Anda.

Jaringan dan pengembangan bisnis merupakan peluang yang akan datang bersamaan ketika Anda sudah terkoneksi dan menikmati Clubhouse Anda.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...