Biden: Era Operasi Militer Untuk Membangun Negara Lain Telah Berakhir

Presiden Joe Biden dalam pidatonya pada Selasa (31/8) memberikan pembelaan keras atas keputusannya untuk mengakhiri perang AS di Afghanistan. Ia mengatakan, setelah hampir 20 tahun konflik, era pengerahan militer AS yang besar untuk membangun kembali negara-negara lain telah berakhir.

Pidato Biden disampaikan hanya 11 hari sebelum peringatan 20 tahun serangan teroris 11 September 2001 yang memicu intervensi AS di Afghanistan.

“Rekan-rekan Amerika saya, perang di Afghanistan sekarang sudah berakhir,” kata Biden dari Gedung Putih. Baca juga >> 

“Saya presiden keempat yang menghadapi masalah apakah dan kapan harus mengakhiri perang ini,” katanya.

“Ketika saya mencalonkan diri sebagai presiden, saya membuat komitmen bahwa saya akan mengakhiri perang ini, dan hari ini saya menghormati komitmen itu. Sudah waktunya untuk jujur ​​dengan rakyat Amerika; kami tidak lagi memiliki tujuan yang jelas dalam misi terbuka di Afghanistan,” katanya.

“Keputusan ini bukan hanya tentang Afghanistan. Ini tentang mengakhiri era operasi militer besar untuk membentuk kembali negara-negara lain,” kata presiden.

Senin Pukul 15:29 ET, satu menit sebelum tengah malam waktu Kabul, pesawat kargo C-17 terakhir yang membawa pasukan AS lepas landas dari Bandara Internasional Hamid Karzai. Kampanye militer dua dekade Amerika di Afghanistan telah berakhir.

Taliban, yang digulingkan dari kekuasaan oleh AS tak lama setelah serangan 9/11, sekarang menguasai hampir semua negara. Baca juga >>

Kepergian pasukan AS terjadi pada akhir evakuasi kemanusiaan kolosal selama 17 hari terhadap 123.000 orang yang putus asa untuk melarikan diri dari kekuasaan Taliban. Dari jumlah tersebut, 6.000 adalah warga negara AS.

#joebiden #militer #afghanistan

Baca Lainnya
Komentar
Loading...