Begini Cara Facebook Dapat Untung dari Metaverse

Perusahaan teknologi – terutama Facebook – semakin mengembangkan konsep “metaverse”, dunia virtual tempat Anda hidup, bekerja dan bermain di dalamnya.

Jika Anda pernah menonton film “Ready Player One,” begitulah kira-kira gambarannya. Anda menggunakan satu set kacamata terkomputerisasi, lalu Anda dibawa ke alam semesta digital di mana segala sesuatu mungkin terjadi.

CEO Facebook Mark Zuckerberg adalah yang paling optimis. Belum lama ia mengumumkan rencananya mengubah Facebook dari perusahaan media sosial menjadi perusahaan metaverse di tahun-tahun mendatang. Baca juga >>

Bagaimana perusahaan teknologi dapat mengambil untung dari konsep metaverse?

Zuckerberg bersama tim eksekutifnya dan analis Wall Street telah menghabiskan banyak waktu membahas metaverse, berapa biaya dan bagaimana mendapatkan keuntungannya.

Facebook akan menjual perangkat kerasnya, tetapi bukan dari sana pendapatan sesungguhnya. Zuckerberg mengatakan Facebook akan menjual headset semurah mungkin dan fokus menghasilkan uang melalui perdagangan dan iklan di dalam metaverse itu sendiri.

“Model bisnis kami tidak akan menjual perangkat dengan harga premium karena misi kami adalah melayani sebanyak mungkin orang,” kata Zuckerberg, seperti yang redaksi kutip dari cnbc.com pada Kamis (29/7).

Facebook ingin membuat semurah mungkin, sehingga banyak orang dapat masuk yang pada akhirnya menghasilkan ekonomi digital di dalamnya.

Facebook sudah menjalankan Oculus, divisi realitas virtual perusahaan. Saat ini, headset VR Oculus relatif terbatas. Harapan Facebook bisa meningkatkan teknologi sehingga headset lebih terlihat seperti kacamata, bukan helm. Metaverse hanya akan berfungsi jika perangkat kerasnya dapat memberikan rasa kehadiran yang sebenarnya kepada pengguna di dunia digital.

Periklanan masih akan berperan, tetapi Facebook akan fokus pada penjualan barang virtual. Zuckerberg mengatakan iklan di metaverse akan menjadi “bagian penting” dari strategi Facebook mendapatkan keuntungan dari metaverse. Baca juga >>

Banyak yang mempertimbangkan beberapa video game seperti Microsoft Minecraft, Roblox, dan Fortnite sebagai versi awal tentang apa itu metaverse. Game gratis itu menghasilkan uang dengan menjual barang virtual kepada pemain. Zuckerberg mengisyaratkan Facebook akan menyalin strategi itu untuk menghasilkan uang dalam metaverse-nya sendiri, mengambil sepotong dari setiap transaksi.

Barang digital dan pembuat konten akan menjadi besar karena orang senang mengekspresikan diri melalui avatar mereka, melalui pakaian digital, melalui barang digital, aplikasi yang mereka miliki, yang mereka bawa dari satu tempat ke tempat lain.

“Akan banyak pengalaman metaverse di sekitar kemampuan Anda untuk berteleportasi dari satu pengalaman ke pengalaman lainnya. Jadi pada dasarnya memiliki barang digital dan inventaris akan menjadi investasi besar yang dilakukan orang.” Baca juga >>

Facebook menghabiskan miliaran per tahun untuk metaverse. Perusahaan tidak memberikan angka spesifik, tetapi analis menduga perusahaan menghabiskan sekitar $ 5 miliar per tahun untuk pengembangan terkait metaverse.

#facebook #metaverse #teknologi

Baca Lainnya
Komentar
Loading...