Batu Terbelah Sempurna, Siapa yang Bikin?

Di Arab Saudi ada sebuah tempat bernama Tayma Oasis, rumah bagi misteri geologi berusia sekitar 4.000-an tahun.

Di sana terdapat salah satu batu berbentuk aneh yang terkenal dengan nama ‘Al-Naslaa’.

Memang, ‘Al-Naslaa’ memiliki formasi yang aneh juga misterius. Di tengah kedua batu tersebut, terdapat jejak pemisahan yang sempurna bak menggunakan peralatan yang canggih seperti sinar laser untuk memotongnya.

Batu ‘Al-Naslaa’ terkenal di dunia sebagai dua potong batu pasir yang sangat besar. Di bawahnya terdapat alas alami dengan ukuran lebih kecil. Baca juga >>

Namun yang sangat menarik perhatian adalah pemisahan antara dua batu besar tersebut begitu sempurna. Tampak seperti dilakukan dengan sengaja menggunakan alat modern yang canggih.

Dilansir dari Oddity Central, banyak spekulasi terkait batu besar jenis batu pasir yang terpisah menjadi dua bagian itu. Di antaranya mengatakan bahwa “Al-Naslaa” membuktikan adanya peradaban kuno yang mungkin saja lebih maju dari yang selama ini diceritakan dalam sejarah.

“Al-Naslaa” telah menciptakan kebingungan di kalangan ahli geologi dan sejarawan sejak pertama kali ditemukan. Belum ada yang benar-benar dapat menjelaskan bagaimana persisnya dua batu itu terpisah secara sangat sempurna.

Memang banyak ilmuwan yang mengaitkan keberadaan batu tersebut dengan pengaruh alam, tapi pemisahan vertikal yang sempurna itu tampak seperti buatan manusia.

Para ahli geologi misalnya, mereka percaya bahwa pecahnya batu tersebut secara sempurna disebabkan oleh faktor alam seperti gerakan tektonik. Teori tersebut dipercaya sebab jika Bumi bergeser walau hanya sedikit cukup untuk menyebabkan batu tersebut retak dan terpisah menjadi dua.

Ilmuwan lain juga percaya bahwa pecahnya batu tersebut benar-benar pada garis patahan, sebab material di sekitar patahan biasanya cenderung lebih lemah dan mudah terkikis.

Ada juga yang percaya batu “Al-Naslaa” terbentuk dari tanggul gunung berapi. Beberapa mineral yang lebih lemah akan mengeras di sana sebelum semuanya digali.

Yang lebih ekstrem, spekulasi yang menyebutkan, “Al-Naslaa” adalah karya peradaban kuno yang sudah maju alias alien. Baca juga >>

Selain terdapat garis pemisah yang lurus sempurna, pada batu besar “Al-Naslaa” juga terdapat sejumlah lukisan kuno pada permukaannya.

Ada lukisan mirip kuda dan manusia di dekat bagian yang terbelah. Namun, ahli geologi Arab Saudi sampai saat ini belum dapat mengungkap asal muasal dari lukisan tersebut.

“Al-Naslaa” merupakan salah satu dari sekian banyak batuan kuno yang masih menjadi misteri geologi di Tayma Oasis Arab Saudi. Batu-batu tersebut rata-rata juga memiliki penampilan yang unik. Namun batu “Al-Naslaa” inilah yang paling unik.

#batuterbelah #alnaslaa #taymaoasis

Baca Lainnya
Komentar
Loading...