Asyik, Google Meet Gratis Diperpanjang Lagi Hingga Juni

Pandemi Covid-19 membuat konferensi video melonjak tinggi. Mulai dari sekolah online, rapat online, reuni online, hingga tahlilan online. Inilah yang menjadi salah satu alasan Google Meet memperpanjang masa gratis hingga akhir bulan Juni.

Awalnya, Google Meet bakal mulai berbayar pada Oktober 2020, tapi kemudian mundur menjadi April 2021, dan sekarang diperpanjang lagi.

Platform mirip Zoom itu juga menambahkan sejumlah fitur, salah satunya, memungkinkan pengguna masuk melalui lebih dari satu gawai.

“Kami melanjutkan panggilan #GoogleMeet tanpa batas hingga 24 jam dalam versi gratis hingga Juni,” kata perusahaan pemilik Google Meet, Google melalui akun Twitter @GoogleWorkspace.

Perpanjangan masa gratisan ini merupakan upaya Google mendukung pencegahan penularan virus korona yang masih tinggi. Orang-orang di seluruh dunia hingga saat ini masih diimbau untuk bekerja dan belajar dari rumah guna meminimalkan risiko terpapar korona.

Google Meet dengan akun gratis bisa digunakan untuk pertemuan virtual tanpa batas selama 24 jam. Jumlah peserta maksimal 100 orang.

Apabila Google tidak memperpanjang masa gratisan, pengguna dengan akun gratis dibatasi hanya satu jam. Setelahnya, pengguna harus membuat rapat baru agar bisa melakukan konferensi video secara gratis.

Awalnya, Google Meet diperuntukkan bagi korporasi. Google juga menyediakan layanan konferensi video premium. Raksasa teknologi tersebut menyediakan paket berlangganan Google Workspace Essentials yang dibanderol dengan harga 8 dolar atau setara Rp 118 ribu per bulan.

Rapat atau pertemuan online selama pandemi Covid-19 menjadi sesuatu yang penting, karena itu platform konferensi video menjadi amat dibutuhkan. Selain Google Meet, platform lain yang sangat populer juga Zoom.

Pada awal pandemi, pengguna aktif harian Google Meet melonjak 300%. Sedangkan, pendapatan Zoom sepanjang tahun lalu melonjak dari US$ 623 juta pada 2019 menjadi US$ 2,65 miliar tahun lalu.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...