Arab Saudi Kembali Buka Ibadah Umrah, dengan Catatan…

Pemerintah Arab Saudi berencana kembali membuka perjalanan ibadah umrah dari kalangan internasional mulai 10 Agustus 2021 mendatang, tapi ada sejumlah catatan.

Dilansir Gulf News yang mengutip kantor berita nasional Arab Saudi, SPA, kebijakan tersebut dilakukan setelah melihat kelancaran pelaksanaan ibadah haji di musim tahun ini. Bahkan ibadah umrah untuk masyarakat Arab Saudi dan ekspatriat di dalam negeri sudah dibuka kembali.

Syekh Abdul Rahman Al-Sudais, Ketua Umum Pengurus Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, yang juga imam besar di kedua masjid suci itu, telah mengarahkan anggotannya untuk mematangkan persiapan penerimaan jamaah umrah di Masjidil Haram, Mekah. Buka juga >>

Syekh juga meminta agar para petugas melakukan pelayanan terbaik di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi seperti pada saat pelaksanaan ibadah haji yang baru saja usai. Menurutnya pelaksanaan ibadah haji telah berjalan dengan sangat baik dan sukses.

Meski rencananya bakal dibuka, pemerintah Arab Saudi menambahkan sejumlah catatan persyaratan bagi para calon jamaah umrah dari luar Arab Saudi.

Dalam sebuah cuitan di Twitter Haramain Sharifain misalnya, penerbangan langsung diizinkan dari semua negara kecuali India, Pakistan, Indonesia, Mesir, Turki, Argentina, Brazil, Afrika Selatan, dan Lebanon. Negara-negara tersebut harus menjalani karantina selama 14 hari di negara ketiga sebelum tiba di Arab Saudi.

Catatan lain yang tak kalah penting, adalah mengenai vaksin Covid-19. Pemerintah Arab Saudi mewajibkan para calon jamaah umrah telah menerima vaksin Covid-19 lengkap, baik vaksin Pfizer, Moderna, AstraZeneca atau Johnson & Johnson (J&J). Buka juga >>

Bagaimana dengan vaksin buatan China Sinovac? Pemerintah Arab Saudi tetap mensyaratkan penguatan suntikan dengan menggunakan Pfizer, Moderna, AstraZeneca atau J&J.

Catatan lainnya, ibadah umrah kali ini baru hanya diperbolehkan bagi calon jamaah yang berusia 18 tahun ke atas. Selain itu, kedatangan mereka juga harus melalui agen umrah yang telah disahkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

#umrah #vaksin #arabsaudi

Baca Lainnya
Komentar
Loading...