Agar Optimal, Ini 6 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Usai Berolahraga

Meski di masa pandemi, olahraga sudah menjadi gaya hidup yang tidak bisa ditinggalkan. Anda bisa memilih aneka olahraga sesuai favorit Anda dan menyesuaikan situasi dan kondisi.

Selain olahraga itu kaya manfaat dan sangat diperlukan bagi manusia. Mengabaikannya justru bisa membawa dampak buruk bagi tubuh. Mulai dari mudah lelah, mudah depresi, jadi gampang sakit, hingga mengalami obesitas dan timbulnya masalah kesehatan seksual sehingga berdampak pada kehidupan kerja dan keharmonisan rumah tangga.

Lalu, agar manfaat olahraga maksimal, perhatikan lah apa yang Anda lakukan selama ini setelah berolahraga. Apakah langsung rebahan, tidur, main gadget atau justru langsung mandi?

Berikut hal yang perlu Anda lakukan setelah berolahraga agar tubuh kian bugar dan sehat:

Pertama, Pendinginan

Yang tidak boleh Anda lewatkan setelah berolahraga ialah melakukan pendinginan. Pendinginan yang benar bisa mencegah nyeri otot dan cedera serta berpengaruh baik pada mood Anda.

Pendinginan ini gunanya untuk menormalkan detak jantung, mengembalikan suhu tubuh, dan mencegah penurunan tekanan darah dengan cepat.

Kedua, Peregangan

Stretching atau peregangan membantu Anda untuk mengurangi resiko cedera dan nyeri otot serta melancarkan aliran darah. Gerakan dalam peregangan ini juga membuat jangkauan tubuh Anda semakin fleksibel dan membentuk postur tubuh lebih baik.

Ketiga, Mengganti cairan tubuh yang hilang

Olahraga membuat tubuh Anda berkeringat, apalagi jika olahraga dilakukan dalam intensitas yang tinggi. Sudah sewajarnya Anda mengganti cairan tubuh itu dengan minum. Hal ini dilakukan agar Anda tidak dehidrasi akibat kurang cairan. Karena tubuh manusia mayoritasnya terdiri dari cairan.

Keempat, Mandi dan mengganti pakaian

Setelah melakukan pendinginan, peregangan dan mengganti cairan tubuh. Anda bisa membersihkan diri dengan mandi setelah suhu tubuh sudah mulai kembali normal. Anda juga disarankan untuk mandi menggunakan air bersuhu ruangan.

Kelima, Makan makanan sehat

Setelah berolahraga dan menguras keringat, tentu tubuh Anda memerlukan asupan makanan untuk me recharge tenaga. Oleh karena itu Anda bisa kembali mengembalikan nutrisi tubuh itu dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi. Berilah jarak waktu antara setelah berolahraga dan mengkonsumsi makanan.

Keenam, Bersyukurlah kepada Allah

Memulai dan mengakhiri olahraga biasakan dengan mengucap asma Allah agar tidak terputus dari rahmat-Nya. Niatkan berolahraga untuk memperolah tubuh yang sehat sehingga kuat dan optimal dalam beribadah.

Meski berolahraga juga merupakan bentuk syukur kepada Allah atas anugerah dan nikmatnya berupa tubuh fisik lahiriah. Anda juga perlu bersyukur kepada Allah karena diizinkannya berolahraga. Sebab taka da satupun kegiatan yang terjadi di alam raya kecuali terjadi atas izin-Nya.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...