Ikigai; Konsep Hidup Lebih Bahagia dan Panjang Umur

Ikigai adalah nilai dalam hidup. Sehingga Anda menjadi lebih bahagia dalam hidup

Pernahkah Anda menjalani rutinitas harian yang monoton. Pagi kerja sorenya pulang, sampai rumah main handphone terus tidur dan itu berulang setiap hari. Ketika masa weekdays Anda menunggu kapan weekend datang untuk rehat, mencari kesenangan dan begitu selanjutnya. Hingga Anda mulai merasa jenuh dan tidak punya semangat karena menjalankan rutinitas harian yang gitu-gitu aja?

Jika Anda demikian, Anda perlu menanyakan apa tujuan hidup? Apa yang membuat Anda bahagia,

Ada sebuah konsep dalam istilah jepang yang bernama ikigai. Secara harfiah, iki berarti kehidupan dan gai memiliki arti nilai. Singkatnya, ikigai adalah nilai dalam hidup. Sehingga Anda menjadi lebih bahagia dalam hidup.

Terkadang ikigai juga diekspresikan sebagai alasan untuk bangun di pagi hari. Prinsipnya, ikigai adalah konsep yang membuat kehidupan Anda menjadi lebih bermakna, lebih bermanfaat dan lebih seimbang. Sehingga secara sederhana ikigai adalah hal yang membuat Anda mau bangun pagi dan termotivasi untuk menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari.

Orang yang menjalani kehidupan dengan filosofi ikigai selalu punya motivasi yang kuat sehingga memiliki dampak praktis yang signifikan terhadap produktivitas sehari-hari. Orang dengan prinsip ikigai akan selalu cepat bergerak dan cepat mengambil Tindakan. Sehingga aktivitas apapun yang dijalaninya cepat selesai, untuk kemudian beralih pada aktivitas selanjutnya.

Ikigai juga bisa membuat Anda memiliki etos kerja yang baik. Karena Anda meyakini bahwa apa yang Anda lakukan punya dampak positif bagi orang lain. Di lain sisi, orang dengan prinsip hidup ikigai punya dampak kesehatan yang baik, di antaranya memiliki resiko yang rendah untuk terkena penyakit jantung. Tentu hal ini akan berpengaruh pada masa hidup (lifespan).

Di Jepang ada daerah bernama Okinawa yang dikenal sebagai “negeri orang berumur panjang” atau Land of Immortals. Dilansir dari Washington Post, bahwa rata-rata harapan hidup warga Okinawa menjadi yang tertinggi di dunia dengan 81,2 tahun. Angka ini bahkan lebih tinggi dari rata-rata penduduk wilayah lain di Jepang yakni 79,9 tahun. Buettner memasukkan ikigai (makna dan tujuan hidup yang harus dijalani) dalam bukunya The Blue Zones: Lessons For Living Longer From The People Who’ve Lived The Longest (2008), sebagai salah satu alasan mengapa warga Okinawa itu berumur panjang.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...