7 Tips Belajar New Normal di Masa Pandemi Covid-19

Saat ini Indonesia sedang menerapkan new normal atau kebiasaan normal baru. Dalam menjalankan rutinitas sehari-hari harus menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Dalam dunia pendidikan diberlakukan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penerapan pembelajaran daring ini menuntut kesiapan bagi kedua belah pihak. Baik itu dari penyedia layanan pendidikan atau dari peserta didik sendiri.

Bagaimanapun juga, pembelajaran secara daring dan jarak jauh membutuhkan bantuan teknologi yang mumpuni dan dapat diakses dengan mudah. Murid harus bisa menyesuaikan diri agar proses pembelajaran berjalan efektif sehingga dapat memahami pelajaran dengan baik.

Ada beberapa tips belajar yang dapat diterapkan untuk siswa atau mahasiswa dalam kondisi new normal di masa pandemik covid-19 saat ini, yaitu:

1. Mengatur Waktu dengan Baik

Buat agenda atau atur waktu secara teratur mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Ini untuk mempermudah dalam membagi waktu belajar. Ada saatnya belajar, beristirahat, shalat, mengamalkan wirid dan waktunya bermain.

Bangun di pagi hari jangan lupa mandi dan sarapan sebelum proses PJJ berlangsung agar kondisi diri fresh. Kerjakan dengan fokus tugas yang diberikan guru atau dosen. Bagi orang-orang yang belum terbiasa belajar mandiri, biasanya akan mengerjakan tugas di menit-menit terakhir tenggat waktu yang ditetapkan (deadline).

Oleh sebab itu, membiasakan diri untuk belajar dan mengerjakan tugas di awal waktu adalah keterampilan yang mesti ditanamkan sejak dini.

2. Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan sangat penting untuk lancarnya proses PJJ. Jika dalam kondisi sakit belajar pun terganggu. Menjaga kesehatan mulai dari makan dan minum teratur sampai menerapkan protokol kesehatan ketika keluar rumah.

3. Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Hal yang terpenting dalam PJJ itu menyiapkan alat untuk pembelajaran seperti laptop atau hp. Cek kembali alat tersebut sebelum di mulainya PJJ agar proses pembelajaran online berlangsung tanpa kendala.

4. Fokus Belajar dan Pahami Gaya Belajar

Kesalahan yang sering dilakukan siswa atau mahasiswa, sebagaimana dilansir dari Psychology Today adalah tidak fokus ketika melakukan pembelajaran online.

Selama melakukan pembelajaran di internet, terdapat banyak sekali distraksi yang mengganggu proses pembelajaran. Godaan untuk menonton video, mengakses media sosial, hingga membaca-baca konten berita secara impulsif seringkali dilakukan tanpa rencana sebelumnya. Untuk mengatasi hal tersebut siswa atau mahasiswa diharapkan fokus sejenak selama belajar.

Selain itu juga untuk penunjang suksesnya pembelajaran, siswa atau mahasiswa harus memahami gaya belajarnya, apakah ia seorang pembelajar yang memiliki gaya visual, audio atau kinestetik.

5. Menjaga Komunikasi dengan Pengajar dan Teman Sebaya

Menjaga komunikasi termasuk hal yang penting. Ini bisa membuat siswa atau mahasiswa termotivasi oleh teman sebayanya atau pengajarnya untuk selalu belajar dan mengerjakan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan.

6. Jangan Menunda-Nunda Tugas

Dalam PJJ satu hal yang menjadi tantangan terbesar adalah tugas. Sebenarnya tugas ini bisa menjadi ringan manakala dikerjakan sesuai pada waktunya.

Jika guru atau dosen memberikan tugas maka tugas tersebut langsung dikerjakan, jangan ditunda-tunda. Karena, kalau ditunda nanti akan banyak tugas-tugas yang lainnya dan akhirnya akan memberatkan.

7. Selalu Berdo’a

Setelah berusaha dalam belajar jangan lupa untuk berdo’a. Inilah yang penting selain berusaha tapi harus berdo’a juga. Jadi antara usaha dan berdo’a harus berjalan beriringan agar hasil yang akan didapatkan sangat memuaskan.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...