7 Tips Agar Bisnis Tetap Eksis dan Berkembang

Salah satu kesulitan seorang pebisnis adalah mampu mempertahankan kualitas produknya sehingga tak ditinggal pelanggan. Merasa sudah memiliki banyak pembeli [pelanggan], akhirnya ia melupakan mutu produk. Inilah yang harus dihindari, agar bisnis Anda tetap eksis dan berkembang di tengah pandemi yang masih bergentayangan di jagat ini.

Detailnya, inilah 7 tips agar bisnis Anda tetap eksis dan berkembang sebagaimana dikutip dari Menjadi Kaya Raya Mulai dari Nol karya Ichsanudin.

1. Pertahankan Mutu Produk

Bila produk yang akan menjadi andalan bisnis sudah dipilih, pemasaran sudah dimulai, maka yang harus kita lakukan selanjutnya adalah mempertahankan mutu produk. Jangan sampai setelah produk laku, mutu produk bertambah buruk.

Misalnya, Anda punya bisnis soto. Karena cabang semakin banyak dibuat, akhirnya Anda mulai mengabaikan kualitas rasanya. Pelanggan yang kecewa, pasti akan meninggalkan soto Anda. Ia akan memilih produk baru dengan cita rasa yang sama, apalagi lebih baik.

“Oleh karena itu, jaga mutu jangan sampai semakin buruk,” tulis Ichsanudin dalam karyanya itu.

2. Harga yang Kompetitif

Menurut Ichasanudin, besar harga jual yang ditentukan sangat berpengaruh terhadap penjualan. Pada awal membuka usaha tentunya harga sudah ditentukan terjangkau sesuai dengan mutu yang ditawarkan. Tidak terlalu mahal sehingga konsumen tidak ada yang membeli dagangan kita.

“Juga jangan terlalu murah yang memberi kesan produk kita kesannya bermutu jelek. Maka tetapkan harga yang kompetitif,” ujar Ichsanudin.

3. Efisien

Agar bisnis Anda tetap eksis, apalagi di tengah kondisi pandemi, hendaklah menjaga ritme pengeluaran secara baik. Jangan membuang-buang duit untuk hal-hal yang tak perlu atau mubazir.

“Lakukan penghematan di sana-sini agar biaya produksinya tidak menggelembung tinggi yang menyebabkan biaya jual pun melonjak, sehingga dapat bersaing dengan kompetitor,” ujar Ichsanudin.

4. Maksimalkan Pemasaran

Prinsip paling penting bagi kesuksesan bisnis adalah dengan mengonsentrasikan dengan kuat di bagian penjualan atau pemasaran.

Menurut Ichsanudin, tujuan dari bisnis adalah mendapatkan keuntungan yang banyak. Untuk menciptakan penjualan, diperlukan suatu usaha pemasaran yang maksimal, terbaik.

“Semakin banyak orang atau konsumen membeli produk yang ditawarkan, maka semakin besar keuntungannya,” ujar Ichsanudin.

5. Cintailah Pelanggan

Selain itu, prioritaskan pelanggan jangan sampai mereka kecewa dengan pelayanan kita. Menurut Ichsanudin, dalam suatu bisnis yang sukses, setiap orang harus selalu memikirkan tentang menciptakan (produksi), melayani dan memuaskan pelanggan.

“Jika telah mendapatkan pelanggan, maka berkonsentrasi untuk menciptakan kesenangan pada pelanggan tersebut, maksimalkan dalam menjalankannya agar pelanggan menyukai produk atau jasa kita, sehingga akan terjadi pengulangan pembelian di kemudian hari,” ujar Ichsanudin lebih lanjut.

6. Perencanaan yang Matang

Ketika bisnis sudah berkembang, maka siapkanlah produksinya dengan matang dan siapkan juga SDM-nya. Jangan sampai kocar-kacir karena belum siap. Menurut Ichsanudin, rencana bisnis yang dibuat harus ditulis, disimpan dan dilihat sewaktu Anda membutuhkannya dalam pelaksanaan bisnis.

“Sebab, banyak bisnis yang gagal karena tidak memiliki sistem manajemen yang bagus,” ujar Ichsanudin.

7. Tekad, Tekun dan Sabar

Menurut Ichsanudin, kunci penting menuju kesuksesan bisnis adalah tekad, ketekunan, serta kesabaran si pebisnis. Bila kita ingin menambah penghasilan dengan berbisnis, sadarlah bahwa yang namanya berbisnis itu tidak pernah ada yang sesuai persis dengan apa yang kita pikirkan.

Bahkan, tak jarang selalu menemukan kegagalan. Tapi, tetap janganlah kita menyerah dan langsung berhenti sebelum menelaah kegagalan tersebut secara hati-hati.

“Ingatlah bahwa banyak orang yang memperoleh kesuksesan setelah mengalami kegagalan-kegagalan. Mereka tidak pernah menyerah begitu saja,” ujar Ichsanudin.

Demikian 7 tips bagaimana agar kita tetap eksis dan berkembang dalam berbisnis di tengah keadaan yang tak menentu ini. Semoga bermanfaat!

Baca Lainnya
Komentar
Loading...