7 Proses Terjadinya Sukses Menurut Tom Morris

Sukses bisa muncul begitu saja. “Sukses adalah ibarat Komet Haley. Sesekali ia muncul begitu saja,” ujar Ross Perot, Hadian Dallas Times Herald. Tetapi, paling sering merupakan hasil dari upaya yang terjadi dan terkonsentrasikan.

Margaret Thatcher mengatakan bahwa sukses adalah memiliki naluri yang peka akan hal-hal yang sedang Anda kerjakan. Mengetahui bahwa itu tidak cukup, Anda harus bekerja keras dan memiliki tujuan yang jelas.

Sementara itu, Glenn Van Ekeren dalam 12 Simple Secrets of Happiness at Work (2002), mengutip pendapat Tom Morris dalam bukunya True Success, memberikan panduan berikut untuk meraih sukses:

1. Konsepsi tentang apa yang Anda inginkan. Ini artinya sebuah visi, sasaran atau seperangkat sasaran, yang diimajinasikan dengan penuh semangat.

2. Keyakinan untuk menyelesaikannya. Tanpanya, Anda takkan pernah mengatasi hambatan-hambatan.

3. Konsentrasi pada apa yang diperlukan. Bersiap, membuat rencana, dan berbuat. Dunia ini memiliki lebih banyak partisipan, lebih banyak katalisator, pelaku perubahan.

4. Konsistensi dalam pekerjaan Anda. Bersikaplah ulet –bahkan setelah gagalpun.

5. Komitmen energi emosional. Emerson berkata, “Tak ada kebesaran yang pernah dicapai tanpa antusiasme.”

6. Karakter berkualitas tinggi. Integritas menginspirasikan kepercayaan dan membuat orang bekerja demi Anda.

7. Kapasitas untuk menikmati prosesnya. Perjalanannya hendaknya sama menyenangkannya seperti tantangannya.

Menurut Glenn Van Ekeren, seperti yang dapat Anda lihat dengan jelas, tak ada rahasia sukses yang baru. Prinsip-prinsipnya, prosesnya, dan disiplin sukses telah ada semenjak awal zaman. Persoalan sesungguhnya bahwa kita tak mungkin menikmati manfaat sukses tanpa investasi pengorbanan.

“Mereka yang ingin bangun sukses harus bangun. Tidak mungkin terjadi dengan cara lain,” ujar Glenn.

Dengan kata lain, kata Glenn, takkan ada tulisan, prinsip, rahasia, proses yang efektif –kecuali Anda sendiri bekerja.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...