7 Mic Podcast Terbaik untuk Youtuber

Salah satu bisnis online yang cukup menggiurkan belakangan adalah podcast. Banyak artis dan tokoh politik yang mulai menggeluti bidang ini.

Salah satunya adalah Deddy Corbuzier. Bahkan, bisa dikatakan, podcast Deddy adalah yang terbaik saat ini di Indonesia.

Nah, saat melakukan podcast, microphone atau mic adalah salah satu perangkat yang harus ada. Tanpa mic, ibarat sayur tanpa garam. Tentu, tidak akan afdhal. Karena itu, keberadaan mic dalam podcast seperti wajib hukumnya.

Berikut ini 7 mic terbaik yang bisa Anda pertimbangkan ketika bermain podcast.

1. Rode NT-USB

Mic ini dihargai sekitar Rp 2 jutaan. Mic yang satu ini merupakan jenis mic condensor tipe USB yang mudah dipakai. Tak heran, banyak kalangan studio yang menggunakannya. Apalagi, ada tripod bawaan yang mencegah timbulnya noise.

Soal kualitas suara, Mic Rode NT-USB tidak diragukan lagi, bahkan banyak Youtuber yang merekomendasikan produk ini. Sementara itu, ada juga jack headphone yang dilengkapi volume control dan mix control untuk menggabungkan suara dari komputer dan suara asli.

Sayangnya, Rode NT-USB tidak dilengkapi dengan onboard control, sehingga harus setting manual melalui komputer.

2. Blue Yeti

Harganya sekitar Rp1,2 jutaan. Ada banyak fitur menguntungkan yang akan Anda peroleh dengan menggunakan mic podcast ini mulai dari audio jack, tombol mute, stand tipe decent, hingga control.

Blue Yeti juga memiliki 3 opsi kapsul mic condenser, sehingga pengguna bisa pilih 4 pattern berbeda. Namun, kebanyakan pengguna hanya memerlukan cardioid saja untuk voiceover.

Hal yang menarik dari Blue Yeti adalah pengguna bisa mengubah mic ini menjadi mic konferensi dan interview.

3. Audio-Technica AT2035

Harganya sekitar Rp 2,5 jutaan. Mic ini merupakan salah satu favorit yang disukai Youtuber karena dilengkapi fitur shock. Memang, diperlukan boom arm untuk melengkapi fitur shock mount, tetapi kualitas audio yang dihasilkan akan jauh lebih keren.

Menariknya lagi, mic ini telah dilengkapi support filter 80 Hz high pass yang akan menghilangkan semua sound kecil sampai bersih, seperti suara kipas komputer, heater, dan lain-lain.

4. Rode Procaster

Harganya sekitar Rp 3,2 jutaan. Mic ini merupakan tipe XLR yang tak kalah keren. Meskipun dibanderol harga murah, namun spesifikasinya tidak bisa dianggap remeh.

Salah satu keunggulannya, produk ini dilengkapi fitur internal pop filter untuk mengurangi p-pops dan internal shock mount. Sayangnya, mount bawaan tidak begitu pas, sehingga Anda harus pakai shock mount eksternal.

Mic ini juga memerlukan banyak gain control, sehingga Anda bisa pakai Cloud filter CL-1 atau preamp terpisah seperti DBX 286. Akan tetapi, penggunaan Zoom H5 sudah cukup karena tidak terlalu banyak masalah dan pengaturannya mudah.

5. Rode SmartLav+

Harganya sekitar Rp 1,2 jutaan. Jenis mic satu ini sangat populer dan menyita perhatian dunia. Pasalnya, penggunaannya sangat mudah, cukup ditancapkan pada HP saja dan kualitas suara input yang dihasilkan sangat keren.

Apalagi, produk ini didesain dengan sambungan koneksi TRRS yang dipakai semua jenis HP. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan Rode SC3 Adapter saat mau dipakai recorder eksternal maupun di kamera.

Menariknya lagi, mic Lavalier satu ini sudah menggunakan kondensor tipe omni-directional yang bisa merekam suara dari sudut manapun. Anda juga bisa memaksimalkan kualitas audio dengan foam pop shield untuk meminimalisir noise dari vokal dan suara angin.

6. Rode RodeLink Filmmaker Kit

Harganya sekitar Rp 4,1 jutaan. Jenis mic Lavalier satu ini didesain khusus untuk disambungkan dengan DSLR camera dan digital recorder.

Hasilnya akan berkualitas jika Anda sambungkan dengan digital transmitter dan digital receiver. Bahkan, koneksi wireless bisa dipakai jarak jauh. Itulah alasan, mengapa banyak MC, artis, hingga penyelenggara event menggunakan mic ini.

Untuk adapter, biasanya diletakkan di saku belakang pembicara. Kerennya lagi, mic podcast ini juga dilengkapi receiver berteknologi OLED display yang akan menampilkan status baterai, mute dan pilihan channel.

Terakhir, ada juga fitur omni-directional sistem supaya suara bisa masuk dari segala arah.

7. Rode VideoMic Pro+

Harganya sekitar Rp 3,3 jutaan. Jika Anda kerap menonton podcast Deddy Corbuzier, maka mic yang digunakannya adalah tipe Shotgun seperti Rode VideoMic Pro+.

Mic ini baru rilis Agustus 2017 lalu dan merupakan hasil upgrade dari versi VideoMic Pro. Salah satu fitur barunya adalah auto on-off power yang bisa menyesuaikan kebutuhan shooting dan merekam. Selain itu, kabelnya juga bisa dibongkar pasang.

Mic ini juga dilengkapi safety channel berupa teknologi baterai yang bisa dicharge.

Demikian 7 mic terbaik yang bisa Anda pertimbangan ketika bermain podcast. Selamat mencoba!

Baca Lainnya
Komentar
Loading...