7 Cara Agar Anda Tetap Fit Saat Puasa

Berpuasa adalah salah satu cara untuk melakukan proses detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Bahkan, menurut pakar kesehatan asal Amerika, dr. Mehmet Cengiz Oz, proses detoksifikasi saat berpuasa memberikan hasil yang lebih baik daripada melakukan jenis diet tertentu.

Namun, proses detoksifikasi ini tidak akan maksimal jika tidak diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat dan fit saat puasa. Itu sebabnya asupan makanan saat sahur dan berbuka serta kebiasaan yang dilakukan selama puasa sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini dilakukan agar Anda tetap sehat dan fit saat puasa.

Berikut ini beberapa cara sederhana agar tubuh Anda tetap fit saat puasa.

1. Jangan lupa untuk sahur

Cara pertama adalah Anda tidak boleh melewatkan sahur. Orang yang sahur dengan yang tidak, tentu akan berbeda dalam menjalankan ibadah puasa di siang harinya.

Ibarat kata, sahur adalah bensin. Kendaraan yang sudah diisi bensin secukupnya, akan bisa melakukan perjalanan yang jauh dan sampai pada tujuan. Sebaliknya, kendaraan yang tak diisi bensin, bisa jadi akan macet di tengah jalan.

Demikian pula, orang puasa yang tak sahur, berpotensi akan menyebabkan puasanya tak kuat sampai akhir (Maghrib). Kalaupun kuat, mungkin dijalaninya dengan tak bergairah. Meski ada yang bisa melakukannya, tapi sedikit saja jumlahnya.

Dan saat sahur, usahakan Anda mengonsumsi makanan yang bergizi, berserat dan berpotein tinggi.

2. Perbanyak minum air putih

Cara kedua adalah perbanyak minum air, terutama air putih yang lebih menyehatkan. Sebab, sebagaian besar tubuh kita terdiri dari air, dan kita membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat kita berpuasa.

Minumlah setidaknya 8-12 gelas air putih sehari agar fit saat puasa. Anda bisa memenuhi cairan tersebut saat berbuka puasa hingga saat sahur agar membantu tubuh tetap tidak terhidrasi.

Selain itu, ada baiknya Anda menghindari kafein. Pasalnya, kafein bersifat diuretik yang membuat kita lebih sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh cepat hilang.

3. Makan yang sewajarnya

Cara selanjutnya adalah makan yang sewajarnya atau secukupnya. Jangan mentang-mentang siangnya kita lapar dan haus, sejak berbuka kita hantam dengan makanan terus-menerus hingga kekenyangan.

Saat berbuka, makanlah yang secukupnya dengan salad buah, es buah, kurma, atau air putih. Selang beberapa jam kemudian barulah kita makan besar, itu juga tetap jangan sampai berlebihan.

4. Hindari makanan berminyak

Makanan berminyak kurang baik, apalagi bagi orang yang besoknya mau berpuasa. Karena itu, sebisa mungkin bisa menghindari penggunaan makanan yang banyak mengandung minyaknya.

Pasalnya, selain makanan ini akan meningkatkan risiko kenaikan kolestrol dalam tubuh Anda, juga memancing Anda akan selalu merasa cepat lapar di siang harinya.

5. Mengurangi makanan dan minuman yang manis

Cara berikutnya adalah menghindari sebanyak mungkin makanan dan minuman yang manis. Makanan atau minuman manis memang penting dikonsumsi saat berbuka untuk menormalkan gula darah. Hanya saja, Anda harus memperhatikan porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi. Apalagi jika rasa manis tersebut terbuat dari gula.

Pasalnya, tanpa disadari, minuman dan makanan manis yang kita dikonsumsi secara rutin selama bulan Ramadan jutru akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Anda harus ingat, untuk memastikan tubuh fit saat Ramadan, maka energi yang dikeluarkan harus lebih banyak daripada energi yang masuk.

6. Olahraga

Puasa bukan jadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Anda bisa melakukan olahraga dengan intesitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa agar fit, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya.

Lakukan olahraga selama 30 menit dengan jalan kaki, bersepeda, jogging ataupun latihan lain yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

7. Tidur yang Cukup

Selain memerhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Jangan biasakan begadang hingga larut malam, apalagi pagi harinya Anda harus bangun untuk sahur.

Ketika siang hari Anda mengantuk, bukan karena Anda tidak makan atau minum, tapi bisa jadi karena Anda kurang tidur di malam harinya. Maka, agar tubuh Anda tetap fit saat puasa, usahakan untuk cukup tidur.

Caranya, sehabis shalat tarawih, usahakan Anda langsung tidur, jika memang tidak ada pekerjaan yang menuntut Anda untuk begadang.

Demikian 7 cara agar Anda tetap fit di saat puas. Anda ingin fit, meski Anda berpuas? Gunakan cara-cara di atas! Selamat mencoba!

Baca Lainnya
Komentar
Loading...