6 Tips Agar Hidup Anda selalu Sehat

Sekarang, kita berada di era pandemi. Sudah setahun lebih kita menghadapi fakta hidup yang menyedihkan ini. Ke mana-mana selalu berhati-hati dan menjaga protokol kesehatan agar kita bisa terjaga dari Covid-19.

Maka dari itu, penting untuk menjaga pola hidup kita agar selalu sehat supaya bisa terhindar dari pandemi ini. Berikut ini ada 6 tips agar hidup Anda selalu sehat menurut buku Jangan ke Dokter Lagi! karya Tauhid Nur Azhar & Bambang Trim (2007). Jika tips ini diterapkan dengan baik, insya Allah kita akan terjaga dari pandemi yang bisa menyerang kita setiap saat.

1. Jauhi Stres

Stres terbukti menjadi faktor utama yang menyebabkan seseorang itu sehat atau tidak sehat.

“Stres akan berdampak luas pada semua sistem tubuh manusia. Masalah di tempat kerja, masalah di rumah, dan sebagainya akan memengaruhi daya sistem imun seseorang,” tulis buku tersebut.

Karena itu, kata Tauhid dan Bambang, hindari dan segera atasi masalah yang sekiranya akan mengganggu daya tahan tubuh. Atur aktivitas sehari-hari dengan baik dan beristirahatlah sejenak jika Anda mengalami kelelahan.

“Gaya hidup yang sederhana serta senantiasa menjaga diri adalah kunci agar terhindar dari stres,” ujar Tauhid dan Bambang.

2. Jauhi Alkohol

Alkohol akan berdampak buruk pada kesehatan. Alkohol cenderung menghilangkan nutrisi dalam tubuh, merusakkan organ-organ dalam, menyebabkan beberapa kanker, mendorong hipo-glisemia, dan menghancurkan jantung.

“Mengonsumsi alkohol akan berakibat pula pada janin. Otak janin akan mengalami gangguan sehingga si anak yang terlahir akan memiliki tingkat intelegensia yang rendah,” ujar Tauhid dan Bambang.

3. Tidur yang Cukup

Tidur memainkan peranan yang penting dalam menjaga sistem imun kita. Flu dan pilek akan menyerang Anda ketika merasa letih dan penat karena kekurangan tidur.

“Hormon pertumbuhan akan bekerja memperbaruhi sel-sel tubuh ketika kita tidur. Oleh karena itu, tidurlah yang cukup kalau Anda tidak ingin memiliki daya tahan tubuh yang lemah,” ujar Tauhid dan Bambang.

4. Tidak Merokok

Menurut Tauhid dan Bambang, perokok akan memiliki umur yang pendek dan sering terserang penyakit. Selain kanker, merokok berisiko terhadap jantung, gangguan kehamilan, dan melemahkan kekebalan tubuh.

“Anak-anak yang memiliki ayah perokok lebih beresiko terkena penyakit seperti gangguan pada telinga, pernapasan, pneumonia, dan penyakit lainnya,” kata mereka.

5. Bersikap Positif dalam Hidup

Pikiran yang sehat dan positif akan meningkatkan daya tahan tubuh. Sering bercengkerama, menonton film, atau hiburan lainnya, akan menguatkan sel darah putih. Banyak penelitian menunjukkan bahwa tertawa, pemikiran, dan perasaan positif akan merangsang sistem imun menjadi kuat.

“Lebih sering Anda tertawa dan menikmati hidup secara positif maka fungsi imun akan lebih bertambah baik,” ujar Tauhid dan Bambang.

6. Olahraga secara Teratur

Olahraga membantu menguatkan kekebalan tubuh atas penyakit. Seorang wanita yang berjalan 45 menit sehari, kemungkinan terserang flu menjadi setengahnya. Olahraga juga menjaga kekuatan fisik manusia.

“Olahraga terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga bioritme adalah renang dan jalan kaki, dua jenis olahraga yang terbilang murah meriah,” ujar Tauhid dan Bambang.

Demikian 6 tips untuk hidup sehat. Anda ingin selalu sehat? Terapkan pola seperti ini dalam kehidupan sehari-hari Anda. Insya Allah, covid-19 akan menjauhi Anda.

Jangan lupa, selalu patuhi protokol kesehatan!

Baca Lainnya
Komentar
Loading...