6 Gaya Hidup Tidak Sehat Ini Mesti Anda Tinggalkan

Mungkin sebagian dari Anda ada yang masih menunggu kapan momentum yang tepat untuk menjalankan hidup sehat. Padahal gaya hidup sehat itu sudah seharusnya diterapkan sesegera mungkin alias jangan tunggu nanti.

Memiliki gaya hidup sehat adalah kebutuhan kekinian yang berdampak besar di masa depan. Tentu Anda menginginkan kesehatan yang tetap prima bahkan usia senja, tetap produktif dan optimal bisa bermanfaat bagi sesama.

Sebagai seorang muslim, Anda pasti mengharapkan hidup yang optimal untuk mengabdi pada-Nya. Siapa yang pernah membayangkan kalau dirinya akan sakit-sakitan. Selain memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit, tentu membutuhkan support dan effort dari keluarga atau kerabat.

Sebelum itu terjadi, ada baiknya kita menerapkan adagium yang cukup populer di dunia kesehatan, “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Karena gaya hidup yang tidak sehat sangat merugikan. Oleh karena itu, jangan tunda lagi untuk bergaya hidup sehat.

Lalu kebiasaan tidak sehat seperti apa yang mesti Anda tinggalkan?

Begadang

Tubuh memiliki hak untuk beristirahat secara cukup. Begadang akan mengurangi waktu istirahat Anda. Hal ini tentu berefek pada kesehatan Anda. Begadang bisa meningkatkan risiko penyakit seperti obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung dan kanker

Kurang tidur juga bisa membuat kulit Anda terlihat lebih tua, menurunkan kemampuan berpikir, menurunkan libido, depresi, hingga membuat Anda jadi pelupa sebagaimana dikutip dari alodokter.

Malas Berolahraga

Kesehatan tubuh perlu dijaga dengan rajin berolahraga. Tubuh fisik anugerah Allah yang tidak digerakkan dan diolah akan mengundang berbagai masalah fisik yang pada akhirnya berdampak pada minimnya produktivitas.

Hal ini terjadi lantaran malas berolahraga berdampak pada mudahnya tubuh untuk merasakan letih, tubuh mudah sakit, risiko obesitas, mudah depresi hingga masalah seksualitas yang tentu sangat merugikan Anda.

Kurang Minum

Kandungan tubuh manusia mayoritasnya terdiri dari air. Kurang cairan pada tubuh pastinya membuat kinerja tubuh tidak optimal bahkan mengundang penyakit.

Menurut riset, dehidrasi akibat kurang minum bukan hanya menyebabkan hadirnya penyakit kronis seperti gangguan pada ginjal. Tapi juga bisa membuat Anda mudah marah, kulit kering dan mengurangi tingkat fokus dan konsentrasi Anda.

Junk Food

Allah memerintahkan kita mengkonsumsi makanan yang bukan hanya halal tapi juga baik. Junk food meski tak dilarang untuk dimakan, tapi bila mengkonsumsi secara berlebihan akan memunculkan banyak masalah.

Junk food biasanya adalah makanan yang mengandung kalori, lemak, kolesterol, garam dan minyak yang tinggi tetapi memiliki kandungan gizi dan serat yang rendah.

Menurut Kemenkes junk food bisa menyebabkan kolesterol tinggi, risiko diabetes, penyakit jantung, gangguan ginjal dan hati, serta bobot tubuh yang naik.

Menatap Screen Berlebihan

Di era digital, menatap screen baik itu laptop ataupun ponsel tak bisa dihindari. Namun jika intensitasnya berlebihan, akan berdampak negatif bukan hanya pada mata tapi pada tubuh Anda.
Gangguan itu mulai dari mata kering, pandangan jadi kabur, mata tegang, leher kaku, hingga pusing kepala. Bukan hanya itu terlalu manatap screen tanpa aturan juga bisa membuat stres, depresi dan gangguan pada tidur Anda.

Stress yang Tidak Dikelola

Stres adalah hal yang normal terjadi pada Anda. Karena setiap orang memiliki masalah dan problematika hidup. Namun stress bukan untuk dihindari tapi untuk dikelola dengan baik agar tidak berdampak buruk secara berkepanjangan.

Mengelola stres dalam Islam bisa direspon dengan dua cara, pertama bersyukur dan kedua bersabar. Bersyukur dengan menggunakan potensi yang Allah berikan dan berhusnudzan pada-Nya. Serta selalu melihat selalu sisi positif dari apa yang terjadi dan memperbaiki diri. Sedangkan bersabar, menahan diri dari hal-hal yang bisa memperburuk keadaan ataupun menahan diri untuk selalu berjuang menyelesaikan masalah.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...