6 Fitur WhatsApp untuk Pemilik Bisnis Kecil

WhatsApp saat ini tidak hanya menjadi alat komunikasi perpesanan atau panggilan. Aplikasi yang merupakan bagian dari Facebook ini, sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk berdagang dan berbisnis terutama bagi pemilik usaha kecil.

WhatsApp saat ini telah menyediakan saluran untuk membangun merek, berinteraksi dengan pelanggan serta menambah peluang pendapatan.

Dirancang dengan ide bahwa konsumen dan bisnis saat ini lebih menyukai mobilitas, WhatsApp memberdayakan perusahaan untuk pindah ke ekosistem seluler melalui beberapa titik kontak yang berbeda.

Nah, fitur apa saja yang bisa digunakan untuk pemilik usaha kecil di WhatsApp?

1. Pembuatan Katalog Produk

Facebook memperkenalkan katalog produk untuk pengguna WhatsApp Business pada 2019 lalu. Anda bisa membuat katalog online produk Anda yang dapat dilihat pelanggan melalui aplikasi tersebut.

Anda bisa menambahkan konten yang bisa membantu pembeli mempelajari lebih lanjut setiap produk Anda, membantu menginformasikan dan menarik mereka untuk membeli.

Informasi tersebut mencakup nama produk, deskripsi produk, tautan URL, hingga gambar setiap item produk.

Untuk bisnis kecil yang belum punya website, alternatif ini dapat membantu tampil Anda di depan pelanggan, tentu saja dengan sedikit usaha.

Fitur ini sangat membantu bisnis yang baru memulai, yang mungkin hanya dikenal secara lokal atau oleh pengikut offline yang masih kecil.

Pelanggan yang menghargai dan setia akan merasa lebih mudah untuk terus membeli dari merek-merek ini sekaligus dengan mudah mempromosikannya dalam lingkaran sosial mereka, sehingga memperluas jangkauan dari merek itu sendiri.

2. Pemesanan Produk

Selain mencari dan mempelajari produk Anda, pembeli bisa dapat langsung mengklik satu item atau lebih, menambahkannya ke keranjang belanja di aplikasi, dan menyelesaikan pembelian.

WhatsApp Business menambahkan fungsi ini pada 2020 lalu dan berencana meluncurkan lebih banyak alat pembayaran pada tahun 2021. Itu berarti seluruh proses belanja dapat diselesaikan dalam jendela pesan aplikasi ini.

3. Percakapan Saat Berbelanja

WhatsApp memiliki konsep perdagangan percakapan (conversational commerce). Sebuah perusahaan bisa menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan pelanggan selama proses pembelian.

Mereka tidak hanya tahu siapa yang menghubungi mereka, tapi mereka juga memiliki kendali lebih besar dalam percakapan tersebut.

Ini juga merupakan cara yang lebih mudah dan hemat untuk berinteraksi dengan pelanggan internasional.

Perdagangan percakapan tentu berbeda dengan pesan promosi. Ini fokusnya pada dialog yang membantu perusahaan membangun hubungan dengan pelanggan. Tujuannya adalah menyelesaikan pembelian hingga pembelian kembali.

WhatsApp menyediakan berbagai cara untuk memulai percakapan ini, termasuk template perpesanan yang memandu Anda melalui strategi dialog yang paling efektif.

4. WhatsApp API untuk Fitur yang lebih Kompleks

Selain WhatsApp Business, Anda dapat menjelajahi versi berbayar yang dikenal sebagai WhatsApp Business API, yang dirancang untuk bisnis besar atau bisnis canggih.

Versi ini menawarkan beragam fitur tambahan, termasuk pemesanan produk dan pengecekan pesanan.

API tersebut menyertakan integrasi dengan tools periklanan Facebook sehingga anggota audiens yang ditargetkan dapat menghubungi merek Anda secara langsung melalui iklan media sosial berbayar.

Karena ini adalah API, Anda dapat berintegrasi dengan perusahaan pihak ketiga lainnya untuk lebih memperluas kekuatan WhatsApp Business. Anda dapat mengoptimalkan halaman profil bisnis Anda dengan konten tambahan, seperti deskripsi bisnis, informasi kontak (alamat, alamat email, dan URL situs web), dan foto sampul.

Selain itu, WhatsApp API juga memberikan metrik yang lebih kuat tentang audiens Anda di aplikasi. Kecerdasan ini dapat membantu tim pemasaran Anda mengembangkan pesan, kampanye, dan tampilan produk yang lebih berdampak.

5. Kesempatan Internal

Meskipun WhatsApp Business pada dasarnya adalah alat eksternal untuk digunakan dengan pelanggan yang sudah ada, aplikasi ini juga menawarkan aplikasi internal untuk membantu membuat alur kerja lebih mudah bagi anggota tim Anda.

Ini adalah alat sederhana yang mungkin sudah digunakan karyawan Anda untuk berkomunikasi di luar pekerjaan, yang membuatnya lebih mudah untuk diterapkan.

Pertimbangkan untuk menggunakan WhatsApp di dalam perusahaan Anda dengan mengembangkan grup tertentu, seperti grup penjualan atau grup pemasaran.

Dengan begitu, tim Anda dapat berbagi informasi melalui pesan instan, bukan melalui rantai email. Banyak orang lebih suka menggunakan saluran komunikasi langsung ini, jadi masuk akal untuk mengenalkannya di lingkungan kerja.

6. Area Bisnis Baru

WhatsApp merupakan alat yang bisa membantu bisnis Anda berpindah ke area baru dengan infrastruktur perdagangan yang lebih sederhana.

WhatsApp bisa menjadi cara yang ideal dan hemat biaya untuk perkembangan dan pertumbuhan bisnis kecil Anda. WhatsApp juga menawarkan model bisnis unik yang belum pernah terjadi sebelumnya.

WhatsApp Business misalnya, bisa menjadi platform pemesanan atau konsultasi untuk bisnis berbasis layanan, atau untuk pengiriman dari restoran tanpa etalase fisik.

WhatsApp juga bisa membantu pertumbuhan internal, karena menyediakan saluran yang dapat membantu karyawan tetap dan anggota tim outsourcing untuk tetap terhubung.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...