6 Cara Dapatkan ‘Keunggulan Kompetitif’

Apa yang dimaksud dengan ‘keunggulan kompetitif’? Intinya adalah bagaimana klien memilih Anda dibanding kompetitor Anda.

Keunggulan kompetitif otomatis memungkinkan bisnis Anda mencapai margin besar yang besar dan menghasilkan nilai.

Bagaimana cara mendapat keunggulan kompetitif? Berikut langkah-langkahnya sebagaimana dikutip dari thebossmagazine.com:

1. Fokus pada diferensiasi

Tujuannya adalah untuk membedakan produk Anda dengan yang lain. Anda harus mampu menyediakan produk atau jasa yang berbeda dibandingkan pesaing Anda yang mungkin fokus pada sebagian besar konsumen.

Pastikan target audiens Anda punya kebutuhan dan keinginan yang berbeda yang tidak dipenuhi oleh barang atau jasa dari kompetitor. Baca juga >>

Tetapkan segmen pasar khusus untuk bisnis Anda dengan konsekuensi harga yang lebih tinggi daripada produk yang tidak terdiferensiasi.

2. Strategi Cost Leadership (Kepemimpinan biaya)

Apa maksudnya? Ialah ketika Anda memanfaatkan strategi ini, Anda akan menjadi produsen dengan biaya terendah di ceruk pasar Anda.

Dengan strategi ini, Anda menawarkan produk serupa dengan kualitas yang sama dengan pesaing Anda tetapi dengan harga yang lebih rendah.

Temukan cara untuk memproduksi barang dengan biaya lebih rendah, misalnya tingkatkan produktivitas dan pemanfaatan kapasitas.

3. Strategi Differentiation Leadership (Kepemimpinan Diferensiasi)

Kepemimpinan diferensiasi memungkinkan Anda menargetkan pasar yang lebih besar untuk mendapat keunggulan kompetitif.

Dengan strategi ini, Anda harus memilih satu atau beberapa kriteria yang digunakan pembeli untuk memposisikan bisnis Anda agar produk Anda dianggap unik.

Diferensiasi mengharuskan Anda membebankan biaya ekstra untuk menutupi biaya produksi tambahan.

Dengan strategi ini Anda harus meyakinkan klien agar memilih produk Anda daripada yang lain yang tidak memiliki keunikan.

Ini memang membutuhkan investasi pemasaran yang besar. Untuk mencapai kepemimpinan diferensiasi, pastikan kualitas produk luar biasa dan branding yang fokus pada testimoni pelanggan.

Fokus pada distribusi pasar yang luas dan iklan yang konstan.

4. Pertimbangkan inovasi

Meski inovasi produk dapat memberikan keunggulan kompetitif, tapi inovasi proses juga dapat memberi keuntungan yang lebih besar.

Ini karena akan benar-benar mengubah cara perusahaan beroperasi.

Inovasi proses bermanfaat dalam mengurangi biaya produksi, membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan sebelum pesaing Anda menemukan cara dan meniru proses Anda.

5. Memanfaatkan kemitraan strategis

Bermitra dengan bisnis dalam industri Anda atau sektor yang terkait erat adalah cara yang baik untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.

Kemitraan strategis adalah perusahaan menyatukan sumber daya mereka untuk mendapatkan eksposur dengan mengorbankan yang tidak tergabung dalam aliansi. Baca juga >>

6. Manajemen strategis

Manajemen strategis yaitu perencanaan dan penerapan strategi untuk membangun, memelihara, dan menumbuhkan keunggulan kompetitif perusahaan Anda.

Untuk mengembangkan rencana strategis, Anda harus memahami harapan pemangku kepentingan, tren global, dan gambaran kompetitif untuk membantu pengambilan keputusan strategis jangka panjang.

Untuk mencapai dan mempertahankan keunggulan kompetitif, Anda harus terus menerus mengevaluasi pendekatan strategis Anda.

Pada umumnya, sifat pasar adalah kompetitif, karena itu mempertahankan keunggulan kompetitif adalah tantangan tersendiri.

Pesaing akan terus berusaha meniru cara Anda yang sudah berhasil Anda lakukan.

#leadership #kompetitif #manajemen

Baca Lainnya
Komentar
Loading...