5 Solusi Digital Ini Membantu Bisnis Anda Melesat

Covid-19 telah memaksa banyak pelaku bisnis melakukan transformasi digital. Meski tanpa pandemi sekalipun dukungan digitalisasi pada bisnis di era sekarang sangat diperlukan. Pandemi ikut mempercepat transformasi.

Transformasi digital juga mengubah cara operasi bisnis menjadi lebih baik, terutama di era Covid-19.

Perubahan ini tidak saja memungkinkan perusahaan untuk terus beroperasi di saat menghadapi keadaan tak terduga seperti pandemi, tapi juga untuk meningkatkan produksi dan efisiensi.

Ketika pelaku bisnis berkomitmen melakukan transformasi digital, otomatis akan membuat perusahaan miliknya memodernisasi sistem, memenuhi permintaan pelanggan yang terus berkembang, serta memanfaatkan teknologi terbaru.

Jangan Sampai Gagal

Bertransformasi ke arah digital masih membuat sejumlah perusahaan merasa khawatir, apalagi bagi mereka yang sudah bertahun-tahun merasa tidak ada masalah tanpa digitalisasi, sampai akhirnya pandemi datang menerpa.

Sebab itu transformasi digital harus bisa dipastikan keberhasilannya. Jangan sampai gagal, sehingga membuat perbaikan yang ingin diwujudkan justru bergerak sebaliknya.

Agar berhasil, tentu perusahaan membutuhkan kepemimpinan yang berani, yang berkomitmen pada perubahan. Fokus pada dampak perubahan digital terhadap pelanggan, produk dan layanan, sistem internal, serta munculnya peluang baru.

Nah, apa sebenarnya yang dibutuhkan dalam bisnis Anda untuk mempercepat transformasi digital?

Berikut ini 5 solusi teknologi yang penting untuk transformasi digital Anda:

1. Cloud Storage

Cloud Storage secara dramatis telah mengubah cara perusahaan menyimpan dan mengakses data.

Solusi cloud ini memungkinkan perusahaan menyimpan data dan aplikasi di server yang aman dan jarak jauh, yang memungkinkan penerapan solusi teknologi baru dengan cepat dan manajemen informasi yang lebih baik.

Cloud storage seperti Google Drive, OneDrive dan DropBox cukup ideal untuk perusahaan dengan tenaga kerja yang bergerak, sehingga memungkinkan akses informasi saat mereka bekerja dari rumah atau saat bepergian sekalipun.

Para karyawan dapat dengan mudah mengakses informasi dari manapun mereka berada.

Cloud storage yang biasanya dikelola oleh pihak ketiga ini memberikan Anda fleksibilitas untuk membangun, menyimpan, dan meluncurkan aplikasi baru, menyimpan data yang terus berkembang, serta beradaptasi dengan kebutuhan yang berubah cepat.

2. Tools Kolaborasi dan Komunikasi

Dengan banyaknya karyawan yang bekerja dari jarak jauh, kolaborasi dan komunikasi di antara anggota tim, mitra, pemasok, serta pelanggan sangat diperlukan.

Rangkaian kolaborasi itu sangat penting untuk diwujudkan, karena akan memungkinkan tim untuk menyimpan, mengedit, mengelola, serta berbagi dokumen secara leluasa.

Mereka dapat mengakses informasi yang dibutuhkan di mana pun berada selama terhubung dengan internet.

Salah satu tools misalnya, Microsoft’s Teams yang terintegrasi dengan aplikasi Office populer seperti Word, Excel, PowerPoint, OneDrive, dan Outlook serta berfungsi pada Office 365 dan versi desktop berbasis cloud.

Kemudian Google G Suite juga mengintegrasikan produk Gmail, Spreadsheet, Dokumen, dan Drive.

Slack juga merupakan alat kolaborasi populer lainnya dengan ruang kerja dan alat komunikasi bersama. Seperti alat kolaborasi lainnya, Slack memungkinkan anggota tim yang terhubung untuk memulai percakapan, berkomunikasi, dan berkolaborasi terkait dokumen.

Rangkaian kolaborasi itu mencakup fungsi untuk memudahkan komunikasi, baik melalui pesan instan atau video call bagi banyak pengguna.

Tools populer lainnya seperti Zoom, yang popularitasnya meledak, juga memungkinkan untuk semua jenis percakapan dan rapat termasuk webinar, kuliah, hingga konferensi.

3. Manajemen Proyek Jarak Jauh

Solusi manajemen proyek jarak jauh dapat membantu karyawan tetap menjalankan tugas dengan baik dan bergerak sesuai tujuan bisnis.

Program seperti Asana, Atlassian, Basecamp, Slack, Jira, Monday, atau Trello, dan ada banyak pilihan lain, semuanya menyediakan perangkat lunak yang mampu membantu manajer menetapkan tugas-tugas penting, mengelola alur kerja, serta tetap up-to-date terhadap progres. Semua berada dalam satu tampilan yang mudah dipantau.

Mengelola proyek secara lebih efisien, membuat karyawan tidak harus menghadiri rapat yang memakan waktu, sehingga memungkinkan produktivitas. Solusi ini juga dapat membantu mempercepat adopsi digital lainnya.

4. Keamanan Siber

Solusi digital tanpa mempertimbangkan keamanan siber adalah sia-sia. Data-data sensitif yang disimpan di cloud atau konferensi video yang membahas informasi rahasia, semua itu harus diamankan, apalagi dengan tim yang tersebar di mana-mana seperti sekarang.

Solusi-solusi seperti otentikasi multi-faktor, pelatihan kesadaran karyawan, standar kekuatan kata sandi, dan VPN terenkripsi penting untuk memungkinkan karyawan mengakses sumber daya perusahaan dari jarak jauh.

Ancaman serangan dunia maya terlalu besar untuk membuat pekerja jarak jauh tidak terlindungi.

5. Customer Relationship Management (CRM)

Mengapa penting menggunakan CRM? Ini terkait siklus penjualan yang lebih pendek, otomatisasi penjualan, respons yang lebih cepat, retensi yang lebih baik, serta analisis yang lebih mendalam tentang apa-apa yang telah berhasil untuk menggerakkan prospek terhadap pelanggan.

Dengan CRM, tim penjualan, tim pemasaran, dan bagian akuntansi dapat bekerja sama untuk memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi, bahkan ketika mereka berjauhan. Karena data CRM digital dihosting di cloud, sehingga data tersebut dapat diakses dari mana saja.

Salesforce, Soho, Hubspot dan Freshsales adalah beberapa solusi CRM terkenal dan luar biasa, yang dapat membantu karyawan tetap mempertahankan standar layanan pelanggan yang tinggi dari jarak jauh.

CRM digital yang ideal seharusnya dapat memberi keuntungan bagi perusahaan, karena membantu mereka mengelola hubungan dengan pelanggan secara efisien, bahkan selama pandemi.

Membuka Banyak Peluang

Solusi transformasi digital membuktikan bahwa di era pandemi sekalipun, yang telah membuat banyak pelaku bisnis terpuruk, ternyata masih ada banyak peluang yang mungkin diraih.

Ini sesuai dengan janji Allah Swt. bahwa di tengah berbagai macam kesulitan selalu ada peluang dan jalan-jalan kemudahan (QS. Al-Insyirah: 6).

Baca Lainnya
Komentar
Loading...