5 Langkah Ini Memandu Entrepreneur Pasca Covid-19

Ada beberapa cara bagi wirausahawan untuk dapat mencapai kesuksesan pasca pandemi Covid-19.

Dunia saat ini telah menjadi tempat yang tidak pernah dibayangkan oleh siapa pun pada beberapa bulan sebelumnya. Bumi dikelilingi oleh wabah virus yang membuat banyak bisnis terhenti.

Tidak ada yang benar-benar siap untuk menghadapi situasi seperti saat sekarang ini. Banyak perusahaan meninjau ulang masa depan usahanya, dan sampai pada kesimpulan bahwa yang diperlukan saat ini adalah beradaptasi dengan situasi kenormalan baru.

Setali tiga uang dengan sektor industri lain, sektor pemasaran juga harus memutar otak untuk bertahan di tengah situasi pasar saat ini, yang belum juga kembali normal.

Tapi kabar baiknya, ternyata masih banyak anak-anak muda yang ingin menjadi yang terdepan di bidangnya. Membuktikan kepada dunia bahwa mereka mampu mewujudkan mimpi di masa depan, meski pandemi masih berlangsung.

Para ahli juga berpandangan, masih ada kesempatan terutama bagi anak-anak muda berbakat untuk bertindak lebih cepat, namun kali ini dengan catatan: harus lebih disertai kesadaran yang penuh dan dedikasi yang tinggi untuk mencari jalan keluar di tengah pandemi. Pada akhirnya mereka akan mampu memenuhi kebutuhan mereka, yakni mewujudkan impian menjadi seorang entrepreneur.

Lima langkah ini dapat membantu mereka untuk berwirausaha di era pasca Covid-19, sebagaimana dikutip dari entrepreneurship.com:

1. Temukan peluang pasar baru

Penting bagi entrepreneur untuk terus bergerak dengan mengikuti tren bisnis yang terus berubah. Melihat tren yang sedang berkembang, yakni perubahan ke arah digital.

Selain itu, sangat penting menganalisis situasi pasar saat ini untuk memanfaatkan kondisi agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

2. Memanfaatkan jaringan online

Ketika seorang pengusaha menyadari tentang dampak besar pandemi terhadap bisnisnya, disinilah pentingnya mengenali jaringan di industri masing-masing.

Oleh karena itu, penting untuk tetap terhubung dengan orang-orang dan kolega di industri lainnya, misalnya melalui platform media sosial seperti LinkedIn.

Dengan tetap berhubungan dengan pengusaha lain selama masa pandemi ini, mereka dapat bertukar lebih banyak ide dan strategi untuk membuat kebangkitan ke depan yang lebih kuat di pasar.

3. Ciptakan personal brand yang menjual keterampilan bukan penampilan

Seorang wirausahawan harus mampu menciptakan personal brand yang dapat memberi gambaran yang jelas tentang siapa dia atau tentang apa perusahaannya.

Dalam hal ini, dia harus bicara secara tegas tentang keterampilan atau skil apa yang dimilikinya, bukan sekadar soal penampilannya.

4. Memanfaatkan platform media sosial

Saat ini, setelah pandemi menerjang, dunia menyadari digitalisasi merupakan satu-satunya pilihan terbaik saat ini, terutama bagi sebagian besar bisnis.

Karena itu, penting bagi para pelaku usaha untuk mengetahui serta memanfaatkan platform media sosial dalam hal pemasaran atau periklanan.

5. Produktif menghasilkan konten, bukan malah konsumtif

Dengan adanya tren peningkatan penggunaan platform media sosial, pemasaran melalui platform media sosial adalah salah satu kombinasi terbaik yang ada di industri saat ini.

Tapi, alih-alih hanya mengonsumsi konten dari platform media sosial, pelaku usaha seharusnya lebih memanfaatkan platform tersebut dengan kegiatan produktif.

TikTok misalnya, bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh pelaku usaha untuk memposting tentang kegiatan kewirausahaan mereka. Bagaimana mereka dapat memulai perjalanan dalam berwirausaha, sehingga menemukan kesuksesan mereka.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...