5 Kiat Agar WFH Tetap Produktif

Bekerja jarak jauh atau Work from Home (WFH) masih menjadi andalan banyak perusahaan saat ini, mengingat pandemi Covid-19 masih belum juga berakhir. Meningkatkan motivasi tentu saja sangat penting untuk menghindari kejenuhan dan kelelahan saat WFH.

Bekerja dari rumah bagi sebagian orang adalah impian. Terutama bagi orang yang jenuh dengan aktivitas perjalanan rumah-kantor atau sebaliknya yang panjang dan berat.

Tapi bekerja di rumah juga ternyata penuh dengan tantangan, terutama dalam menjaga motivasi kerja. Pekerjaan yang tertunda merupakan masalah yang lazim dialami para pekerja jarak jauh ini.

Nah, mengutip Entrepreneur, berikut ini adalah 5 kiat paling efektif agar Anda tetap produktif saat menjalankan WFH:

1. Buatlah “Ruang Kerja”

Salah satu cara agar Anda menjadi lebih produktif saat WFH adalah dengan memiliki ruang yang hanya Anda gunakan untuk bekerja.

Triknya, ruang ini perlu agak berbeda dari area tempat Anda bersantai, istirahat, dan sebagainya di rumah. Tentu saja, tidak perlu membuat ruang kerja yang lengkap seperti di kantor. Ruang Anda yang ada di rumah bisa dioptimalkan.

Bagaimana jika Anda tidak punya ruang di rumah untuk dijadikan tempat kerja sehari-hari? Mungkin, tempat-tempat seperti perpustakaan umum atau kafe bisa menjadi alternatif bekerja dari jarak jauh.

Mungkin awalnya akan terasa canggung, tapi ketika Anda sering melakukannya Anda akan segera terbiasa.

Yang ingin ditekankan di sini adalah bahwa Anda harus punya tempat yang bisa membuat Anda fokus menyelesaikan pekerjaan Anda.

Jika Anda bekerja dari tempat yang sama ketika Anda tidur atau istirahat, tubuh Anda akan merasa kebingungan. Dampak seterusnya, Anda mungkin akan menjadi sulit tidur.

2. Investasi Teknologi

Alat-alat pendukung dalam bekerja sama pentingnya dengan tingkat motivasi Anda.

Misalnya, memiliki komputer yang lambat akan menghambat progres pekerjaan Anda, apalagi ini kerja jarak jauh.

Pada saat yang sama, bekerja di lingkungan yang bising juga akan sangat mengganggu.

Untuk hasil kerja terbaik, belilah komputer handal yang cukup cepat untuk menangani semua pekerjaan Anda.

Juga, pertimbangkan untuk menggunakan headphone peredam bising saat Anda bekerja, untuk mengatasi kebisingan dari orang-orang di sekitar Anda.

Memiliki kursi yang baik dan nyaman untuk diduduki saat melakukan pekerjaan juga membantu Anda tetap fokus saat bekerja.

3. Tetapkan Target Harian

Memiliki jadwal yang ketat adalah salah satu cara untuk memastikan kesuksesan Anda ketika WFH. Anda harus mengatur waktu kapan memulai dan berhenti bekerja yang konsisten setiap hari.

Selama waktu tersebut, Anda harus mampu mencapai sejumlah target pekerjaan Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah memenuhi deadline yang ditetapkan tim.

Tapi jika Anda tidak memiliki deadline atau tenggat waktu, Anda harus membuatnya sendiri.

Idealnya, yang terbaik adalah memulai dengan tugas yang paling menantang dan yang akan berdampak besar. Misalnya, menunda menanggapi email atau pesan masuk, kecuali jika itu mendesak.

4. Bagilah Waktu dalam Menyelesaikan Tugas-tugas Anda

Salah satu kesalahan terbesar sebagai pekerja jarak jauh adalah mencoba dan menyelesaikan semua tugas harian dalam satu periode duduk.

Jika Anda ingin otak Anda tetap fresh, dan memanfaatkan hari Anda sebaik-baiknya, selesaikan pekerjaan Anda dengan cepat.

Luangkan waktu 15 menit misalnya, untuk melihat berita harian atau jalan-jalan sebentar di sekitar lingkungan Anda.

Anda juga dapat mencoba menyelesaikan pekerjaan harian Anda dalam dua step.

Jika Anda suka berolahraga, selesaikan setengah pekerjaan Anda sebelum berolahraga. Setelah berolahraga dan mandi, duduklah dan selesaikan pekerjaan Anda.

5. Rapikan Rumah Anda

Untuk menjaga Anda tetap produktif, coba luangkan sedikit waktu untuk membersihkan rumah Anda.

Jauhkan barang-barang seperti cucian kotor dan sampah dari lantai. Jika perlu, sewa jasa pembersih untuk datang setiap seminggu atau dua minggu sekali agar rumah Anda tetap rapi.

Rumah yang bersih tidak hanya akan membuat Anda tetap produktif saat bekerja, tapi juga akan membuat Anda lebih bahagia dan rileks selama waktu senggang Anda.

Kekacauan akan berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental Anda.

Di atas semua itu, Anda tentu harus belajar bersabar saat baru memulai pekerjaan dari jarak jauh.

Tidak ada orang yang bisa beralih dari kebiasaan lama ke kebiasaan baru dalam semalam. Semua butuh proses dan kesabaran. Ini adalah hal yang wajar, sebab 5 dari 9 orang yang memulai WFH menghadapi tantangan serupa.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...