5 Fungsi Rumah yang Kerap Diabaikan

Rumah sudah jadi kebutuhan pokok saat ini, entah bentuknya itu vertikal seperti apartemen ataupun berbentuk rumah tapak. Rumah dijadikan sebagai tempat tinggal dan tempat berlindung, baik itu dari terik panas, angin maupun hujan. Tapi tahukah kamu kalau rumah juga punya fungsi lain yang tak kalah penting. Berikut 5 fungsi rumah yang jarang orang ketahui.

Rumah jadi tempat memulihkan kesehatan fisik dan mental

Jangan kira kalau rumah kamu hanya untuk beristirahat memulihkan kondisi letih dan payah kamu setelah seharian beraktivitas. Rumah juga seharusnya difungsikan untuk menyegarkan suasana batin dan menyehatkan kembali kesehatan jiwa keluarga. Untuk itu, sesama anggota keluarga perlu saling mengingatkan, saling membantu dan memberikan support secara positif serta saling mendoakan.

Rumah jadi tempat membina hubungan harmonis dan ceria

Setiap anggota keluarga yang tinggal di rumah tentu mendambakan hubungan yang sehat, akrab, rukun, damai, ceria dan penuh keharmonisan. Maka ketika sampai di rumah pastikan diri kamu tidak membawa energi negatif ke rumah. Misalnya kamu membawa amarah dan dendam yang dibagikan kepada seluruh anggota keluarga. Untuk itu kamu mesti memperbanyak dzikir dan berpikir positif setiap saat.

Rumah jadi tempat pendidikan

Rumah sudah seyogyanya jadi arena pendidikan yang menyenangkan bagi anak. Ibu sebagai madrasah dan ayah sebagai kepala madrasahnya. Proses pendidikan di rumah berjalan nonstop. Ayah dan Ibu yang sadar kalau dirinya akan menjadi cermin bagi anaknya akan terus memperbaiki akhlaknya. Jangan sampai justru para orang tua mencontohkan perilaku yang tidak baik di rumah, karena pasti akan diteladani oleh anaknya. Setiap anggota keluarga ikhlas saling belajar satu sama lain.

Rumah jadi tempat memperbaiki hubungan dengan Allah

Nabi sudah mewanti-wanti agar tidak menjadikan rumahmu kuburan. Artinya penghuni rumah mesti hidup qalbunya dengan Asma’ Allah alias melazimkan dzikir. Menghidupkan rumah juga bisa berarti menghidupkan berbagai ibadah di dalamnya. Seperti shalat sunnah, membaca Al Qur’an, dan dzikir bersama keluarga. Tentu hal tersebut akan sangat baik untuk memperbaiki hubunganmu dengan Allah.

Rumah jadi tempat melanggengkan hubungan suami istri

Kalau kamu sudah berpasangan, jadikanlah rumah selain untuk tempat mendekatkan keluarga kepada Allah, juga untuk menghangatkan kembali hubungan antar pasangan. Nabi bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.” (HR. At Tirmidzi). Nabi Saw sendiri amat lembut dan romantis ketika dengan istrinya di rumah. Bagaimana beliau makan bersama, mandi bersama dan sering mencium istrinya.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...