5 Cara Terbaik Mendapatkan Ide Konten

Bekerja sebagai pembuat konten (content creator) membutuhkan kreativitas yang tinggi. Terlebih, di tengah persaingan yang ketat merebut daya tarik dari pembaca atau penonton. Sesuatu yang baru belum tentu bisa menjadi konten menarik. Begitu pula hal yang sudah diulang-ulang, belum tentu juga tidak menarik.

Di sini, dibutuhkan metode yang tepat bagaimana menemukan ide konten yang tidak saja baru, tapi juga menarik untuk dipublikasikan. Konten tentu membutuhkan aliran ide yang selalu harus segar sehingga mendapatkan klik yang konstan.

Menemukan ide konten bisa jadi sulit, terutama bagi yang baru memulai. Namun berikut ini ada setidaknya 5 cara terbaik, sebagaimana dikutip dari makeuseof.com agar Anda tetap bisa mengikuti tren namun juga menawarkan perspektif orisinal.

1. Mengetahui trending topic

Mengetahui topik yang sedang tren adalah salah satu kunci untuk mendapatkan ide konten berkinerja tinggi. Semakin Anda memiliki banyak pengetahuan tentang tren semakin membantu Anda mengidentifikasi sudut yang belum dijelajahi.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengetahui tren, salah satunya dengan menggunakan sejumlah tools untuk mengetahui ‘kata kunci’ yang sedang trending.

2. Mencoba prompt dari sejumlah generator secara acak

Merespon prompt (pemicu ide) secara acak bisa menjadi cara yang baik untuk brainstorming. Ini bisa Anda coba saat mengalami stagnasi ide.

Sejumlah situs web generator ini bisa memberi Anda kata kunci untuk Anda gunakan untuk menghasilkan judul, konsep, atau bahkan baris pertama untuk membuat apa yang Anda pikirkan. Misalnya, blog generator topik bernama Hubspot.

Hubspot sebetulnya merupakan aplikasi pemasaran all-in-one yang bisa memberi saran melalui SEO, blogging, media sosial, otomatisasi pemasaran, dan analisis pemasaran.

Masukkan hingga lima kata benda yang terkait dengan topik yang ingin Anda angkat, Hubspot akan memberi Anda topik blog selama seminggu.

Generator lain misalnya, Idea Generator yang bisa memberikan saran untuk menyoroti produk tertentu.

Hasilnya bisa memicu Anda untuk fokus membuat konten tertentu yang bagus. Tapi, kata kunci yang sedang tren tetap tidak akan membantu Anda dalam jangka panjang jika konten Anda tidak bermanfaat.

3. Gunakan Pengalaman Anda Sendiri

Semakin lama Anda mengerjakan konten dengan topik yang Anda kuasai, akan semakin banyak pengalaman Anda sendiri yang bisa menjadi inspirasi.

Masalah yang telah Anda atasi dan keterampilan yang Anda peroleh dapat menjadi sumber konten.

Jika Anda baru saja memecahkan masalah, Anda dapat membagikan solusi tersebut. Anda juga bisa menjelaskan misalnya, cara menghindari masalah sejak awal. Ini bahkan bisa menjadi konten baru.

Bercerita pengalaman masa lalu juga dapat menginspirasi konten. Misalnya, apa yang ingin Anda ketahui saat pertama kali memulai bidang pekerjaan Anda? Ini bermanfaat bagi beberapa orang baru di antara pembaca Anda. Ingat, pengalaman selalu berharga.

4. Dapatkan inspirasi dari kompetitor

Pastikan Anda mengonsumsi konten dari pembuat konten lain yang satu kategori dengan Anda. Ikuti juga akun media sosial mereka. Anda perlu tahu apa yang dilakukan kompetitor sehingga Anda dapat pembeda. Ini juga membantu Anda tetap menjadi trending topic.

Anda bisa membahas hal-hal detail yang diabaikan kompetitor Anda atau memberi sudut pandang alternatif.

Coba perhatikan apa yang tidak dikatakan orang lain, mungkin itu adalah celah konten yang bisa Anda isi. Baca secara kritis, buat catatan, dan gunakan riset SEO dan Kata Kunci untuk menganalisis mana yang layak diikuti.

5. Tanya Audiens Anda

Sebagai pembuat konten, Anda harus fokus untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi. Ini berarti Anda harus menyediakan konten yang menurut audiens Anda bermanfaat. Dan tidak ada yang tahu kebutuhan itu kecuali viewers itu sendiri.

Cari tahu apa yang ingin dilihat oleh followers Anda dengan melakukan polling kepada mereka.

Anda juga bisa mendapatkan petunjuk dari konten yang Anda buat. Apakah Anda memiliki karya berkinerja tinggi yang dapat Anda kembangkan atau perbarui? Melihat kesuksesan sebelumnya adalah cara yang baik untuk mendapatkan ide.

Inti dari semua itu, kreativitas adalah kunci untuk menjaga ide-ide Anda tetap segar. Jaga pikiran terus terbuka untuk ide-ide baru dengan terus berlatih.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...