5 Cara Agar Kamu Bisa Merdeka Finansial

Semua orang berharap dan punya potensi untuk bisa merdeka secara finansial. Namun, kebanyakan orang hanya bermimpi tapi tidak segera bertindak. Padahal Al Qur’an mengajarkan agar kita segera bertindak dan selalu berusaha lebih baik serta menyerahkan segala urusan itu kepada Allah Swt (QS Al Insyirah: 7-8). Hambatan biasanya justru datang dari gaya hidup kamu dan pola pengeluaran yang tidak terencana.

Berikut 5 cara yang bisa buat kamu berpotensi merdeka secara finansial.

  1. Selalu disiplin dalam bersyukur. Bersyukur bukan hanya dengan lisan, tapi benar-benar diawali dengan pengakuan dari dalam hati kamu. Lalu kamu aplikasikan kesyukuran itu dengan selalu menggunakan anugerah Allah sesuai tujuan penciptaan-Nya. Jangan ada perasaan iri dan dengki dengan nikmat yang dimiliki oleh orang lain.
  2. Memiliki rencana keuangan dan pengelolaan yang baik. Jangan sampai pemasukan atau penghasilan kamu habis untuk hal-hal yang tidak prioritas karena tergoda dengan gaya hidup dan dorongan perilaku konsumtif dari media sosial. Sejak awal kamu mesti menetapkan tujuan perencanaan keuangan dan goal untuk masa depan. Kamu bisa buat pos pengeluaran untuk zakat, infaq, sedekah, biaya hidup, dana darurat, tabungan dan investasi serta ongkos gaya hidup serta hiburan.
  3. Hindari atau hapus utang konsumtif. Utang jenis ini tidak akan memberikan nilai tambah terhadap pendapatan dan penghasilan kamu. Karena hanya untuk dikonsumsi dan nilainya berkurang seiring waktu. Misalnya menyicil untuk membeli jam tangan terbaru. Berbeda dengan jenis utang produktif, misalnya dengan menyicil properti yang nilainya akan terus bertambah setiap tahunnya.
  4. Jadikan investasi sebagai prioritas. Kamu bisa memilih jenis investasi yang cocok buat kamu. Ada properti, emas, tanah, jenis produk investasi syariah dan sebagainya. Jadi, semakin cepat kamu memulai berinvestasi, semakin besar juga potensi nilai investasi ke depan. Namun, tetap perhatikan investasi yang halal buat kamu yah. Kamu juga bisa berinvestasi dengan berwaqaf. Selain membantu orang yang membutuhkan, kamu akan memiliki ganjaran pahala yang berkesinambungan.
  5. Perbanyak silaturahim dan membangun konektivitas dengan orang-orang baik. Dengan begitu kesempatan kamu buat merdeka secara finansial akan semakin dekat. Karena tak jarang dari pertemuan-pertemuan itu akan membuka pintu rezeki yang tidak disangka-sangka. Teruslah berharapan baik dan berdoa kepada Allah sang Maha Pemberi Rezeki.

Penulis: Saepuloh

Baca Lainnya
Komentar
Loading...