4 Pilihan Investasi untuk Ibu Rumah Tangga

Sehat bukan hanya secara lahir dan batin namun juga sehat secara finansial. Salah satu sehat secara finansial ialah dengan melakukan investasi. Investasi kini sudah menjadi gaya hidup. Dengan banyaknya pilihan investasi, siapa pun bisa mulai berinvestasi. Termasuk ibu rumah tangga. Kata siapa Ibu Rumah Tangga tidak bisa berinvestasi?

Prita Ghozie seorang Financial Planner mengungkapkan 4 pilihan investasi untuk ibu rumah tangga. Namun menurut CEO ZAP Finance tersebut, sebelum melakukan investasi, ibu rumah tangga mesti mengerti terlebih dahulu tujuan-tujuan keluarga. Alasannya, supaya bisa memilih mau berinvestasi apa.

Lulusan S2 University of Sydney School of Business, Australia ini menyarankan ibu rumah tangga agar memilih investasi yang simple (mudah) dan practical (praktis) serta aplikatif. Ada beberapa pilihan investasi yang masuk kategori simpel dan praktis, dalam arti aman, mudah dibeli dan mudah dijual.

Pertama, perhiasan emas

Ibu rumah tangga bisa mencoba berinvestasi dengan memakai perhiasan emas. Pilihlah emas yang bentuknya sederhana. Seperti rantai, bahkan pilihlah perhiasan yang tidak ada batu permatanya. Karena semakin sederhana bentuknya, akan semakin bagus karena tidak terpotong biaya investasi.

Kedua, logam mulia

Bisa juga berinvestasi dengan menggunakan logam mulia. Bentuknya seperti emas batangan atau koin dinar. Jenis investasi dalam bentuk ini mudah dibeli dan mudah dijual lagi. Sehingga sangat cocok untuk ibu rumah tangga.

Ketiga, tabungan berencana

Tabungan ini berbeda dengan tabungan biasa. Karena sudah ditentukan berapa jumlah uang yang ditabung atau disetor setiap bulan, dan setelah berapa lama uang ditabung baru bisa dibuka tabungannya. Cara ini, agar ibu rumah tangga belajar menahan diri tidak membongkar investasi.

Keempat, reksadana

Untuk pilihan terakhir ini pilihlah reksadana yang gampang-gampang saja seperti reksadana pasar uang supaya tidak repot memilihnya.

Selain itu ada lagi metode lain berinvestasi bagi ibu rumah tangga, namanya metode Hapsari. Hapsari merupakan singkatan dari Hanya Perlu Selembar Sehari. Sebagai ibu-ibu ada saja uang lembaran yang ditemui setiap harinya. Mulai dari dua ribuan, lima ribuan, sepuluh ribuan sampai seratus ribuan.

“Kita mulai berinvestasi dengan menyisihkan lembaran uang yang kita bisa setiap harinya. Kemudian kita kumpulin nih dalam satu tempat. Nah setiap bulan kita masukkan ke dalam investasi. Jadi sebetulnya itu membangun kebiasaan buat kita sebagai ibu rumah tangga,” ucap ibu dari dua orang anak ini.

Berinvestasi bukan berarti melarang jajan atau belanja online. Tapi lebih membiasakan diri untuk memiliki prioritas dan menahan diri untuk mencapai tujuan keuangan demi menopang keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...