4 Modal Penting Menjadi Influencer

Tidak dapat dipungkiri, saat ini media sosial menjadi hal yang sangat penting di berbagai bidang. Dan belakangan, setelah pandemi Covid-19 media sosial menjadi platform yang sangat membantu dalam bisnis, terutama bisnis rintisan.

Media sosial pun akhirnya menjadi alat strategis untuk melakukan sosialisasi, pengenalan, hingga promosi bisnis. Sekarang, rasanya setiap orang punya kesempatan untuk ambil bagian dalam kegiatan sosialisasi bisnis ini, yaitu dengan menjadi influencer.

Pekerjaan influencer pun kini menjadi sumber penghasilan, baik sampingan maupun penghasilan utama. Banyak anak muda Indonesia yang mulai mencari kesempatan di bidang ini.

Kita tentu mengenal sejumlah akun sosial media yang sudah menjadi langganan endorse berbagai produk, misalnya akun instagram @raffinagita1717 milik artis Raffi Ahmad yang followersnya sudah mencapai 45,7 juta, lalu ada @attahalilintar dengan follower 15,6 juta, @riaricis1795 dengan 21 juta follower dan banyak lagi.

Dengan jumlah follower jutaan, tentu saja mudah bagi mereka mendapatkan endorse produk dengan bayaran yang fantastis.

Tentu tidak semudah membalik telapak tangan untuk mendapatkan follower sebanyak itu dan meraup pundi-pundi keuntungan dari aktivitas influencer. Butuh waktu, konsistensi dan kreativitas yang tinggi.

Mengutip entrepreneur.com, konsistensi dan orisinalitas adalah dua kata kunci yang membuat akun instagram milik seorang influencer Amerika bernama Dylan DeGenarro berhasil mendapat follower 3,9 juta di saat usia pemiliknya baru 20 tahun.

Dengan menjaga orisinalitas dan konsistensi, DeGenarro akhirnya mampu mengembangkan akun instagram @rapmusic menjadi referensi bagi para penggemar musik rap di dunia.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by RapMusic (@rapmusic) on

DeGennaro awalnya memulai karir di media sosial 5 tahun lalu dengan mengangkat soal olahraga. Seiring waktu, ia mengembangkan minatnya pada olahraga dan menyadari tentang peran kuat yang dimainkan media sosial dalam bidang apa pun.

Dengan kemampuan membuat konten orisinil dan kreativitasnya untuk terus menarik banyak pengikut, DeGennaro akhirnya memiliki formula untuk berkembang di media sosial.

Saat dia melihat postingannya diterima dengan baik oleh pengguna lainnya, dia memutuskan untuk maju terus, dan hanya dalam 6 bulan dia memiliki sekitar 100 ribu follower.

Dari bidang olahraga, ia kemudian berpindah-pindah ke bidang lain, dari mulai motivasi, kebugaran, hingga meme, dia mencoba semuanya. Namun kemudian dia menemukan dunia musik sebagai tonggak kesuksesannya. Berikut 3 tips yang dia sarankan sebagai modal seorang influencer:

1. Jangan Meminjam Ide dari Orang Lain

Bagi DeGennaro orisinalitas adalah segalanya. Bagi dia, aspek yang khas dari pengelolaan konten miliknya adalah orisinalitas. Ia membuktikan bahwa ketika persaingan konten di media sosial begitu ketat, menghasilkan ide orisinil membuatnya selalu menonjol.

Konsistensi dan orisinalitas konten membuat DeGennaro, di usia yang masih muda, telah menjadi referensi dalam pemasaran digital karena kemampuannya menumbuhkan audiens. Dan yang lebih penting lagi mampu membuat mereka terus terlibat melalui pembuatan konten yang unik yang konsisten.

DeGennaro telah membantu banyak klien untuk meningkatkan skala bisnis mereka dengan menyediakan strategi media sosial.

2. Kenali Audiens

Selain membangun ceruk pasar, DeGennaro juga selalu meluangkan waktu untuk mengenali audiensnya. Dia menekankan bahwa tidak mungkin untuk membuat konten yang menarik apabila seseorang tidak mengenal audiens yang ingin dia jangkau.

“Menurut saya, mengetahui apa yang disukai audiens Anda adalah kuncinya,” kata DeGennaro.

Selain itu, komitmen untuk mencapai target hasil juga merupakan faktor yang dapat memotivasi.

3. Gunakan Nama yang Simpel

Salah satu nasihat DeGennaro bagi orang yang ingin menggeluti dunia influencer adalah mampu melihat detail, bahkan untuk sebuah nama.

Untuk nama pengguna, ia menyarankan agar menggunakan yang simpel, karena yang simpel itu dapat menarik lebih banyak perhatian.

Fokus pada konten orisinil, dan gunakan nama simpel yang mudah ditemukan serta dihafal orang akan membuat Anda lebih bertahan di media sosial.

4. Berani Berinvestasi untuk Sesuatu yang Diyakini

Suatu kali, DeGennaro pernah merasa cemas karena kehilangan banyak followers. Meskipun ini mengancam aktivitasnya, tapi ia tetap percaya diri dengan potensi ide-idenya. Itulah hal yang memotivasinya untuk tetap maju.

Pada waktu itu dia memberanikan diri untuk berinvestasi lebih dari USD 30.000 untuk membangun strategi agar menghentikan kehilangan followers serta mendapatkan hasil yang lebih baik.

Saat ini, selain @rapmusic, dia juga mengelola @male, yang memiliki lebih dari 2,9 juta followers. Selain itu, dia juga sedang mengembangkan karir akademiknya di bidang periklanan dan komunikasi.

Sebagai sebuah alat, media sosial tidak ada bedanya dengan alat-alat lain. Bisa digunakan untuk hal yang negatif, dan sangat bisa pula dimanfaatkan untuk aktivitas positif, bahkan menghasilkan secara ekonomi dan bisa menjadi profesi. Tertarik?

Baca Lainnya
Komentar
Loading...