4 Kebiasaan Buruk yang Bisa Mengurangi Kecantikan Wajah Anda

Allah telah menganugerahi setiap perempuan dengan wajah yang berbeda satu sama lain. Wajah menjadi bagian tubuh yang paling banyak mendapatkan perhatian.

Karena secara fisik, wajah biasanya menjadi representasi utama dari kecantikan seorang perempuan. Tak heran jika kaum hawa berupaya menjaga dan merawat wajah sebagai wujud memelihara kecantikannya.

Meski wajah cantik secara lahiriah itu relatif, yang pasti wajah yang bersih dari kotoran, jerawat dan bekas jerawat adalah dambaan setiap perempuan.

Namun, sayangnya banyak perempuan yang belum menyadari bahwa ada kebiasaan buruk yang bisa mengurangi nilai kecantikannya. Lalu, apa saja kebiasaan tersebut?

Pertama, tidak menghapus make up sebelum tidur

Bagi perempuan yang aktif di luar ruangan, make up sudah menjadi perangkat yang tidak bisa ditanggalkan. Meski make up bisa membuat wajah terlihat lebih cantik dan mempesona, sudah sepatutnya Anda menghapusnya sampai bersih sebelum tidur. Alangkah lebih baik lagi jika Anda berwudhu sebelum tidur.

Saat Anda tidur, biarkan wajah Anda juga beristirahat. Kulit juga membutuhkan waktu untuk memperbaiki dan memperbarui sel-sel setelah terpapar zat-zat radikal bebas di luar ruangan. Jangan sampai pori-pori wajah itu tertutupi make up setelah seharian karena bisa menyebabkan iritasi, kulit kering dan kusam hingga terjadi penuaan dini.

Kedua, Membersihkan minyak wajah dengan bedak

Sebenarnya minyak alami di wajah itu baik untuk menjaga kelembapan kulit dan juga bisa mencegah keriput. Yang perlu diperhatikan ialah saat kulit memproduksi minyak berlebih yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat atau komedo.

Jangan langsung membersihkannya dengan bedak meskipun ia bisa menyerap minyak. Sebab bedak itu akan bercampur dengan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Untuk mengatasinya Anda bisa memakai pelembap yang bebas minyak dan menggunakan kertas minyak yang ditempelkan pada area yang berminyak.

Selain itu kenali wajah Anda lebih cermat dan gunakan produk kecantikan yang sesuai dengan kulit Anda. Sebagai seorang Muslimah tentu Anda akan lebih mudah mengatasinya karena rutin mencuci muka minimal saat berwudhu.

Ketiga, Memakai scrub dengan cara keliru

Scrub jadi salah satu cara untuk merawat kesehatan kulit. Menumpuknya sel kulit mati di wajah penyebab kulit kering dan kusam membuat scrub menjadi agenda wajib bagi kaum perempuan.

Selain bisa membersihkan sel kulit mati, scrub juga bisa mempercepat proses regenerasi sel kulit. Namun tak boleh sembarang menggunakannya. Misalnya memakai scrub secara kasar sehingga melukai permukaan kulit. Gunakan scrub dengan pijatan lembut di area wajah. Jangan terlalu sering, lalu pastikan produk yang digunakan sesuai jenis kulit Anda.

Keempat, Memakai alat make up yang kotor

Memelihara kebersihan kulit termasuk memelihara alat make up yang digunakan. Sebab alat make up yang tidak rutin dibersihkan bisa mengandung banyak kuman dan bakteri dan tentu tidak tepat untuk merias wajah Anda.

Sehingga jika dibiarkan kotor bisa menyebabkan kulit Anda berjerawat, infeksi dan mengalami iritasi. Selain menimbulkan masalah di wajah Anda, hasil riasan Anda juga tidak akan sempurna. Bukan hanya itu, alat make up Anda juga tidak akan berumur panjang.

Itulah kebiasan-kebiasaan buruk yang bisa mengurangi kadar kecantikan Anda. Sebagai agama yang paripurna tentu Anda juga dituntut untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang bisa mengurangi kualitas dari kecantikan Anda secara batiniah dan berpenampilan secara baik.

Sesunggunya Allah maha Indah dan menyukai keindahan, demikian sabda Nabi Muhammad Saw.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...