3 Hal Ini Sebaiknya Tidak Dikerjakan Outsourcing

Dalam menjalankan bisnis, tentu tidak semua bisa dikerjakan sendiri. Butuh pihak lain untuk membantu pekerjaan-pekerjaan bersifat keahlian yang tidak dikuasai. Salah satu pilihannya adalah outsourcing atau mempekerjakan pihak ketiga.

Misalnya, untuk mengerjakan audit pembukuan, kecuali Anda sendiri seorang akuntan.

Atau jika Anda tidak bisa mengerjakan copywriting sendiri, marketing, bisa melibatkan pihak ketiga untuk mengerjakannya. Hal yang sama apabila Anda tidak ahli dalam mendesain situs web, mengerjakan IT, dan lain sebagainya.

Namun demikian ada tiga hal yang sebaiknya tidak dikerjakan oleh outsourcing. Anda sebaiknya mengerjakannya sendiri. Selain memang prinsip, melakukan hal-hal tersebut sendiri, juga akan meningkatkan keahlian dalam bisnis. Apa saja ketiga hal itu:

1. Perencanaan Strategis

Anda harus fokus pada perencanaan strategis dan gambaran besar bisnis Anda. Sebaiknya Anda tidak mengerjakan panggilan penjualan atau menjawab pertanyaan layanan pelanggan. Itu mudah dilakukan oleh orang lain.

Tapi hal-hal besar seperti perencanaan strategis harus menjadi sesuatu yang Anda lihat setidaknya setiap kuartal, kalau tidak setiap bulan.

Apa target bisnis Anda dalam setahun? Dalam lima tahun? Kuartal berikutnya? Langkah apa yang bisa Anda ambil sebagai sebuah tim untuk sampai ke sana? Apakah Anda bisa memenuhi tujuan Anda dalam kerangka waktu yang ditentukan? Ini adalah hal-hal yang, Anda sebagai seorang pemimpin, harus fokus untuk menghabiskan di sana.

Jangan menyerahkan ini kepada orang lain, atau malah meminta peta kepada pihak ketiga tentang ke mana arah bisnis Anda. Baca juga >>

Perjalanan bisnis Anda unik, dan ke mana Anda membawa tim Anda sangat bergantung pada bagaimana Anda merencanakan masa depan bisnis Anda secara strategis.

2. Budaya dan Tradisi Perusahaan

Area penting lainnya dalam bisnis yang layak mendapat waktu dan perhatian Anda adalah budaya perusahaan.

Budaya perusahaan adalah tulang punggung perusahaan Anda. Jika tidak ditangani dengan benar bisnis Anda bisa berakhir dengan kegagalan.

Jangan memberikannya kepada orang lain, dan jangan berharap itu terjadi dalam semalam.

Apa yang Anda lakukan sebagai seorang pemimpin, bagaimana Anda menghadapi tantangan dan menyikapi kemenangan, bagaimana Anda mengkomunikasikannya dengan tim akan membuahkan hasil berlipat. Baca juga >>

Budaya perusahaan dibangun melalui serangkaian pilihan kecil namun penting. Yaitu bagaimana cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan, vendor, dan karyawan. Kuncinya adalah curahkan perhatian pada masalah ini secara teratur.

3. Proses Komunikasi

Tugas penting lain dari seorang pemimpin adalah terkait proses komunikasi dalam bisnis. Bagaimana Anda mendefinisikan harapan, membangun hubungan, dan memberikan penjelasan untuk kelompok tertentu secara keseluruhan.

Ini adalah tugas yang sangat penting yang harus Anda lakukan sendiri. Sementara membangun proses dan saluran komunikasi di seluruh departemen dan karyawan adalah proses berkelanjutan lainnya yang akan membutuhkan waktu. Tapi hasilnya pasti akan sepadan dengan usaha Anda.

Latihlah anggota tim kunci untuk mempraktikkan komunikasi yang efektif, dan selalu tinjau serta revisi proses yang Anda lakukan sesering mungkin untuk hasil terbaik.

#outsourcing #copywriting #bisnis

Baca Lainnya
Komentar
Loading...