10 Hal yang Perlu Anda Tahu tentang LinkedIn

Ada banyak rahasia yang mungkin belum Anda ketahui untuk melakukan personal branding melalui LinkedIn.

Chris J “Mohawk” Reed, pakar nomor satu di dunia mengenai LinkedIn dan personal branding, CEO dan pendiri Black Marketing, serta penulis buku laris, berbagi 10 langkah rahasia tersebut, sebagaimana dikutip dari Forbes.

Langkah-langkah ini mencoba membantu Anda untuk menjadi seorang “bintang” LinkedIn pada tahun yang baru ini:

1. Ganti gambar banner setiap bulan

Profil Anda seperti halnya sampul majalah, dan banner diibaratkan halaman depannya. Ubahlah banner secara teratur.

Apa gunanya mengarahkan orang ke profil Anda lewat konten dan kata kunci, jika Anda sendiri tidak memberi tahu mereka tentang apa yang Anda lakukan lewat banner yang diupdate secara teratur. Ini adalah ruang iklan utama Anda, jadi gunakan secara efektif.

2. Ubah bagian unggulan (featured section) Anda setiap minggu

Posting konten secara teratur lalu pilihlah yang terbaik minggu ini, untuk diletakkan pada bagian unggulan di bawah bagian tentang Anda.

Anda misalnya dapat menampilkan entri blog terbaru, studi kasus, situs web, video YouTube, dan lain sebagainya. Pastikan ruang ini untuk konten terbaik Anda minggu ini, agar bisa dilihat pertama kali oleh pengunjung laman LinkedIn Anda.

3. Katakan tidak pada undangan (invites)

Tidak semua undangan adalah sesuatu yang bagus. Sebab tidak semuanya dapat membantu atau dibantu oleh Anda. Anda mungkin sudah memiliki ratusan atau bahkan ribuan followers, tapi itu jumlah yang tidak banyak dibanding lebih dari 720 juta anggota LinkedIn.

Jadi, katakan tidak pada permintaan koneksi, kecuali Anda menganggap koneksi itu dapat membantu Anda.

4. Posting konten setiap hari

Kebanyakan orang menggunakan LinkedIn kurang dari 20 menit sebulan. Jadi, jika Anda hanya memposting konten sekali seminggu atau bahkan sebulan sekali, Anda punya sedikit peluang untuk dilihat oleh orang yang ingin Anda pengaruhi.

Dengan memposting sekali sehari atau lebih, Anda dapat bereksperimen dengan lebih banyak konten sembari menciptakan peluang konten Anda dilirik oleh seseorang yang mungkin akan membantu bisnis Anda. Bahkan menjadi viral.

Data LinkedIn tahun 2017 menyebut, hanya sekitar 1% orang yang memposting konten di LinkedIn. Jadi, di platform media sosial ini, Anda seperti bergabung dengan klub eksklusif.

5. Posting konten tentang Anda

Konten pribadi dengan foto atau video bekerja paling baik di LinkedIn. Ya, ini memang platform bisnis, tapi bukankah orang berinvestasi pada orang lain, bukan pada bisnis.

Para pebisnis justru ingin mengetahui tentang pebisnis lain secara pribadi, bukan hanya tentang bisnis mereka.

6. Mintalah rekomendasi

Sangat baik untuk memberitahu semua orang bahwa Anda ahli dalam bidang tertentu. Tapi tidak ada bukti sosial, misalnya dari orang lain yang mengatakan betapa hebatnya Anda atau bisnis Anda.

Bagaimanapun, jika Anda tidak bertanya, Anda tidak akan mengerti. Maka minta rekomendasi di LinkedIn, nanti Anda akan kagum sebab orang-orang merekomendasikan Anda. Anda bisa menggunakan rekomendasi itu pada konten Anda.

7. Gunakan Tim Sales Navigator dan SmartLinks

LinkedIn memiliki tiga premium: Basic Premium di platform LinkedIn utama, navigator penjualan, dan perekrut.

Jika Anda melakukan social selling, Anda pasti membutuhkan tim sales navigator, yang memberi Anda email masuk, penelusuran tersimpan, daftar target, dan yang terpenting, tautan pintar (smartlinks) serta data siapa saja yang memposting dalam 30 hari terakhir.

Semua fitur tersebut jika digabungkan akan membantu Anda dalam menarget orang yang tepat, dengan konten yang mudah dilacak, untuk memastikan bahwa pesan Anda telah dilihat dan Anda menerima balasan.

8. Perlakukan LinkedIn sebagai mesin pencari

LinkedIn pada dasarnya adalah mesin pencari seperti halnya Google. Oleh karena itu, jika Anda tidak menyertakan kata kunci pada profil dan konten Anda, maka Anda tidak akan mendapat rangking, bahkan tak dapat ditemukan.

Carilah kata kunci yang paling mewakili bisnis dan layanan Anda. Gunakan sebanyak mungkin pada konten dan profil Anda sehingga hasil pencarian Anda meningkat.

9. Posting tentang perusahaan di halaman pribadi Anda

Orang tertarik pada orang lain, lebih dari sekadar bisnis mereka. Itulah kenapa penting memposting tentang perusahaan di halaman pribadi, bukan di halaman perusahaan Anda.

Di halaman perusahaan hampir tidak ada orang yang mau terlibat, bahkan ketika mereka memiliki jutaan pengikut.

Sembilan dari 10, Anda akan menemukan bahwa konten yang diposting di profil pribadi CEO atau pendiri memiliki keterlibatan yang jauh lebih tinggi ketimbang konten yang diposting di halaman perusahaan, meskipun CEO atau pendiri memiliki followers. Posting di halaman Anda, dan lupakan dulu halaman perusahaan Anda.

10. Ubah setelan Anda menjadi ‘follow,’, hapus fitur ‘people also viewed’

Untuk meningkatkan followers yang memang tidak ada batasan, ubah tombol “connect/sambungkan” ke tombol “follow/ikuti” pada pengaturan/setting. Hal ini akan menampilkan Anda sebagai influencer dan mendorong lebih banyak orang lagi untuk menekan tombol ini.

Saran lainnya adalah menghapus bagian ‘People Also Viewed’ (Orang Juga Melihat). Sebab Anda pasti ingin orang-orang lebih fokus pada Anda pada saat mereka datang ke profil Anda.

Baca Lainnya
Komentar
Loading...